No ratings yet.

Nama domain adalah bagian penting dari kehadiran online kamu. Namun, banyak opsi berbeda tersedia, mulai dari .com klasik hingga .io. Oleh karena itu, mempelajari tentang .io dapat menjadi langkah awal yang penting dalam memilih nama domain.

Dengan memahami dasar-dasar ekstensi .io dan mengapa kamu mungkin ingin menggunakannya, kamu dapat menemukan nama yang sempurna untuk situs web kamu. Artikel ini secara khusus akan membahas ekstensi domain .io, mulai dari pengertian dan riwayat singkat hingga fungsinya. Kami juga akan mencantumkan pro dan kontra .io untuk membantu kamu memutuskan apakah akan membeli ekstensi domain ini untuk situs web kamu. Mari kita mulai!

Apa itu Ekstensi Domain .io

Domain .io adalah generic top level domain (gTLD) yang merupakan singkatan dari “input/output”. Ekstensi domain “.io” digunakan untuk menunjukkan alamat web atau layanan online yang menerima input pengguna, memproses nya, dan kemudian memberikan output kembali kepada pengguna.

Misalnya, toko online akan menerima input dari pelanggan (misalnya, barang apa yang ingin mereka beli) dan memberi mereka output (misalnya, tanda terima untuk pembelian mereka).

Ekstensi domain .io telah menjadi populer di kalangan startup teknologi dan SAAS karena menunjukkan bahwa mereka menawarkan layanan online yang berfungsi dengan mengambil input dari pengguna dan memberi mereka semacam output. Ini juga menyiratkan bahwa layanan mereka mutakhir dan modern, yang menarik bagi banyak pelanggan yang paham teknologi.

Ekstensi domain .io sebagian besar digunakan oleh perusahaan rintisan dan teknologi yang ingin memberikan nuansa modern dan mutakhir pada situs web mereka. Banyak dari perusahaan ini berfokus pada pengembangan layanan online yang mengambil input dari pengguna dan kemudian memberi mereka output seperti hasil pencarian, produk, atau informasi.

Daya tarik domain .io juga meluas ke singkatnya dan mudah diingat, membuatnya ideal untuk membuat alamat web yang ramping, menarik, dan mudah diingat. Karakteristik ini sangat selaras dengan sifat startup dan usaha teknologi yang gesit dan dinamis, membantu mereka membangun identitas online yang kuat. Intinya, domain .io telah menjadi simbol inovasi, kecakapan teknologi, dan komitmen untuk memberikan pengalaman digital berkualitas tinggi.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Ekstensi Domain .io

Dibandingkan dengan domain tingkat atas populer lainnya, lebih sedikit situs yang menggunakan .io, tetapi ekstensi domain ini semakin populer di situs teknologi dengan lalu lintas tinggi.

Meskipun .io populer di industri teknologi, ekstensi ini tersedia untuk bisnis apa pun. Biasanya, pengunjung web melihat domain ini lebih bersifat generik daripada spesifik negara, contoh umumnya adalah .co.uk atau . fr.

Akibatnya, Google memperlakukan .io sebagai salah satu TLD kode negara generik – ccTLD yang diakui sebagai domain tingkat atas generik. Contoh lain dari ccTLD generik adalah domain .ai. Meskipun merupakan perpanjangan resmi Anguilla, ini juga populer di kalangan startup teknologi di industri kecerdasan buatan.

Perhatikan bahwa .io berbeda dari TLD .ly, yang masih dikelola sebagai domain tingkat atas kode negara untuk Libya, meskipun banyak bisnis di luar negeri seperti Bit.ly dan Ow.ly menggunakan ekstensi ini.

Oleh karena itu, menggunakan .io adalah salah satu peretasan domain bagi perusahaan global untuk memiliki nama merek yang mudah diingat. Mereka tidak harus berada di BIOT untuk mendaftarkan domain .io atau khawatir tentang peringkat pencarian karena tidak ditargetkan negara. 

Apa Hubungan .io dengan Perusahaan Teknologi?

Startup teknologi dan SaaS menggunakan nama domain .io karena referensi mereka ke terminologi input/output, memberikan satu kata yang relevan dengan audiens dan komunitas startup mereka. Selain itu, .com mungkin tidak tersedia untuk domain tingkat kedua mereka, menjadikan .io alternatif domain yang sempurna.

perusahaan lain di kancah teknologi menggunakan .io untuk mengasosiasikan diri mereka dengan referensi input / output. Ini termasuk organisasi open-source dan sektor jasa keuangan seperti perusahaan cryptocurrency.

Banyak proyek video game juga menggunakan .io sebagai domain yang cocok karena istilah io dalam industri game mengacu pada game berbasis browser dengan komponen multipemain dan grafis minimalis.

Kelebihan dan Kekurangan Ekstensi Domain .io?

Sekarang setelah kamu mengetahui konsep dasar domain .io, mari kita periksa kelebihan dan kekurangan menggunakan ekstensi ini di alamat web kamu.

Kelebihan Domain .io

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan domain .io, diantaranya:

  • Afiliasi teknologi; .io dapat dikenali di ruang teknologi dan komunitas startup. Ini membuat domain efektif untuk komunikasi eksternal, membantu orang mengenali industri dengan cepat.
  • Ketersediaan yang lebih besar; dibandingkan dengan domain lain, seperti .com dan .net, alamat .io hanya menyumbang 0,6% dari semua domain di seluruh dunia. Akibatnya, TLD ini lebih mungkin tersedia daripada opsi lain ketika kamu membeli nama domain untuk merek kamu yang sudah ada.
  • Pengenalan mesin pencari yang luas; Google tidak menghubungkan .io dengan Wilayah Samudra Hindia Britania, yang berarti tidak secara khusus menargetkan wilayah geografis tersebut saat menampilkan situs .io dalam hasil pencarian.
  • Nama kreatif; gunakan .io untuk mempersingkat URL kamu dan membuat domain yang lebih mudah diingat.

Kekurangan Domain .io

Sebaliknya, ada beberapa kekurangan yang perlu diingat saat mempertimbangkan domain .io untuk situs web kamu. Ini adalah:

  • Harga; nama domain .io lebih mahal per tahun daripada banyak ekstensi domain standar
  • Potensi kebingungan antara penunjukan gTLD dan ccTLD, serta asosiasi .io dengan British Indian Ocean Territory
  • Kontroversi yang sedang berlangsung seputar BIOT yang berpotensi memengaruhi pemilik situs web dengan domain .io di masa mendatang

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Domain .io dulunya adalah salah satu TLD kode negara saja, khusus untuk situs Samudra Hindia. Namun, ini tidak lagi spesifik untuk negara karena Google mengakuinya sebagai domain tingkat atas generik, melayani khalayak yang jauh lebih luas.

Banyak orang melihat .io sebagai ekstensi nama domain yang tepat untuk bisnis teknologi mereka, mengacu pada input / output dalam proses komputasi. Sementara itu, yang lain membelinya untuk membuat domain yang lebih kreatif dan relevan menggunakan TLD yang berbeda. 

Meskipun biayanya lebih tinggi, peringkat kepercayaan yang lebih rendah, dan riwayat yang kompleks, domain .io memberikan ketersediaan yang lebih besar dan nama yang lebih pendek. Ini juga membantu orang mengaitkan situs .io dengan startup atau perusahaan teknologi, bahkan tanpa melihat kontennya. Kami harap artikel ini akan membantu kamu memutuskan apakah akan menggunakan domain .io untuk situs web kamu. Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain .io, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds