No ratings yet.

Ketika kita mengakses sebuah website di internet, awalan “WWW” digunakan. World Wide Web, juga dikenal sebagai WWW, adalah suatu ruang informasi di internet yang berisi gambar, teks, video, dan suara. 

kamu hanya dapat mengakses WWW jika perangkat kamu terhubung ke internet. kamu ingin tahu lebih banyak tentang pengertian WWW, sejarahnya, dan fungsinya? Langsung saja mari kita bahas satu persatu!

Pengertian WWW

WWW (World Wide Web), sering dikenal sebagai Web, adalah sistem informasi yang digunakan oleh Internet sebagai layanan untuk mengambil informasi yang diminta oleh pengguna. Beberapa orang sering bingung dan menganggap Internet dan world wide web adalah hal yang sama. Meskipun mereka terkait satu sama lain, keduanya adalah dua sistem yang berbeda.

WWW atau juga dikenal sebagai World Wide Web mengacu pada semua situs web publik atau halaman yang dapat diakses pengguna di komputer lokal mereka dan perangkat lain melalui internet. Halaman dan dokumen ini saling berhubungan melalui hyperlink yang diklik pengguna untuk mendapatkan informasi. Informasi ini dapat dalam berbagai format, termasuk teks, gambar, audio, dan video.

Perbedaan WWW dengan HTTP

HTTP dan WWW berbeda karena yang terakhir digunakan sebagai awalan URL. HTTP berkomunikasi antara browser dan server situs web. Juga, HTTP mengangkut data dari satu sumber mesin ke sumber mesin lainnya secara online. HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah bahasa yang berkomunikasi antara browser dan server website. Ini mendefinisikan cara pesan dikirim dan diformat dalam browser web.

World Wide Web (WWW) bertindak sebagai awalan untuk protokol HTTP. Ini adalah satu set catatan hypertext terkait yang dilihat di Chrome, Firefox, dan mesin pencari lainnya. Juga, ini mengidentifikasi alamat tertentu sebagai situs web.

Asal Usul dan Sejarah WWW

Sistem informasi hyperlink global adalah visi seorang ilmuwan komputer inggris Tim Berners-Lee pada tahun 1980-an. Dia adalah seorang ilmuwan komputer yang bekerja sebagai profesor di MIT (Massachusetts Institute of Technology) yang populer karena penemuannya tentang WWW (World Wide Web).

Berners-Lee merasa sulit untuk mendapatkan informasi yang tersimpan di berbagai komputer. Selama bekerja di CERN, Pada 12 Maret 1989, ia mengajukan proposal kepada manajemen CERN untuk meminta sistem yang disebut “Mesh”. Berners-Lee dan rekan-rekannya menciptakan protokol bernama HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang menyediakan sarana untuk komunikasi server dan klien (web browser).

Berners-Lee memutuskan untuk melanjutkan pengembangan Web (WWW) dan dengan sesama ilmuwan Robert Cailliau dan dengan mengambil bantuan rekan-rekannya ia mengusulkan untuk proyek yang lebih baik “Hypertext Project” pada 12 November 1990. “Proyek Hypertext” disebut “WorldWideWeb”. Berners-Lee menggunakan NeXT Computer pada tahun 1990 untuk membuat server web pertama di dunia. Dia juga mengembangkan browser web pertama dengan menggunakan komputer ini.

Situs web adalah contoh yang baik dari penggunaan World Wide Web. Dengan membuka website di web browser kita bisa melihat sumber web berupa HTML (HyperText Transfer Protocol). Di situs web, kita dapat membaca artikel tentang topik apa pun, mengunduh video (film), musik (mp3), file PDF, dan lain-lain. Seperti yang kita ketahui WWW dan Internet keduanya berbeda. World Wide Web bekerja melalui Internet untuk mengakses dokumen dan sumber daya web.

Fungsi WWW

Seperti yang disebutkan sebelumnya, WWW sangat membantu orang yang ingin mendapatkan akses cepat dan mudah ke data dan informasi. Namun, kamu harus menyadari bahwa WWW memiliki banyak fungsi lainnya.

Search Engine

Beberapa mesin pencari yang populer dan mudah digunakan adalah Google, Bling, Yahoo!, dan Search. Mesin pencari adalah fitur gratis yang bertujuan untuk mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu, sehingga kamu dapat berselancar mencari informasi dengan mudah di WWW.

Web Hosting

Fungsi selanjutnya dari WWW adalah sebagai web hosting. Secara umum, ini adalah layanan yang memungkinkan seseorang atau kelompok untuk mengirim situs web mereka ke internet. Hanya setelah domain website tersebut terhubung dengan web hosting tempat database disimpan, domain tersebut dapat diakses dari web hosting ini.

Web Mail Service

Untuk pengguna yang tidak terhubung ke internet dari lokasi biasanya, layanan email web menawarkan akses mudah dan penyimpanan pesan email. Beberapa layanan email web yang paling populer termasuk Yahoo!, Mail, Gmail, dan Hotmail, antara lain.

Portal

Portal adalah lokasi pribadi di internet yang berfungsi untuk memberikan akses ke informasi yang sudah tersedia di internet, seperti Facebook, Twitter, dan Gmail.

Cara Kerja WWW

Membuka jalan bagi revolusi internet yang telah mengubah dunia hanya dalam tiga dekade, World Wide Web terdiri dari beberapa komponen yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai sumber daya, dokumen dan halaman web di internet. Dengan demikian, WWW seperti buku elektronik besar yang halamannya disimpan atau dihosting di berbagai server di seluruh dunia.

Halaman-halaman ini adalah komponen utama atau blok bangunan WWW dan dihubungkan melalui hyperlink, yang menyediakan akses dari satu tempat tertentu dalam dokumen hypertext atau hypermedia ke tempat lain dalam dokumen itu atau yang berbeda. Hyperlink adalah konsep lain yang mendefinisikan WWW dan memberikan identitasnya sebagai kumpulan dokumen yang saling berhubungan.

Hypertext adalah metode untuk referensi silang informasi instan yang mendukung komunikasi di web. Hypertext memudahkan untuk menautkan konten pada satu halaman web ke konten di halaman web atau situs lain. Hypertext dan HTTP memungkinkan orang untuk mengakses jutaan situs web yang aktif di WWW.

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah komponen kunci lain dari WWW. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses halaman web dengan menstandarisasi komunikasi dan transfer data antara server internet dan klien. Sebagian besar dokumen web dan halaman dibuat menggunakan Hypertext Markup Language (HTML), cara berbasis teks untuk menggambarkan bagaimana konten dalam file HTML terstruktur. HTML menggambarkan struktur halaman web menggunakan elemen atau tag dan menampilkan konten halaman ini melalui browser web.

Untuk mengakses salah satu halaman ini, pengguna dan mesin klien mereka menyediakan pengenal universal ke server melalui browser. Pengenal ini dapat berupa uniform resource locator (URL) atau uniform resource identifier (URI) dan unik untuk setiap halaman web. Browser menerima URL atau URI yang disediakan oleh pengguna dan mengkomunikasikannya ke server web. Server kemudian mengambil halaman web yang terkait dengan URL atau URI tersebut dan menyajikannya kepada pengguna di jendela browser mesin klien mereka.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Internet World Wide Web (WWW) adalah ruang informasi di internet yang digunakan oleh pengenal global yang dikenal sebagai Pengidentifikasi Sumber Ragam atau URI untuk mengidentifikasi sumber daya bermanfaat. Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds