No ratings yet.

Apa itu Moodle

Moodle adalah perangkat lunak gratis, sebuah sistem manajemen pembelajaran yang menyediakan platform untuk e-learning dan sangat membantu berbagai pendidik dalam membuat konsep berbagai kursus, struktur kursus dan kurikulum sehingga memfasilitasi interaksi dengan siswa online.

Moodle dirancang oleh Martin Dougiamas dan sejak awal, agenda utamanya adalah memberikan kontribusi yang sesuai pada sistem e-learning dan memfasilitasi pendidikan online dan pencapaian gelar online.

Moodle sebenarnya adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment dan statistik mengungkapkan bahwa sekitar 14 juta konsumen terlibat dalam sekitar 1,4 juta kursus yang disebarkan oleh sistem manajemen pembelajaran ini.

Moodle adalah Learning Management System (LMS) yang digunakan untuk mengelola, menyampaikan dan mengukur pelatihan dan pembelajaran online. Moodle mungkin merupakan platform LMS yang paling terkenal dari jenisnya dan tentunya banyak digunakan. Diluncurkan pada tahun 2002, sistem ini memberikan cara bagi mereka yang mengelola pelatihan untuk menyampaikannya secara fleksibel dan efisien kepada audiens yang berbeda.

kamu dapat menganggapnya setara dengan penyedia pelatihan online – sebuah lingkungan belajar mandiri yang awalnya digunakan oleh lembaga pendidikan. Sejak saat itu, hal ini telah berkembang menjadi alat yang sangat bermanfaat bagi organisasi di semua sektor , mulai dari ritel dan layanan kesehatan hingga pemerintah daerah dan badan amal.

Moodle LMS memungkinkan kamu membuat dan mengunggah konten e-learning, menyampaikannya kepada pembelajar kamu, menilai mereka berdasarkan konten tersebut, melacak kemajuan mereka dan mengakui pencapaian mereka.

Kelebihan Moodle 

Open Source

Moodle adalah platform LMS open source , yang menawarkan keuntungan besar.Ini berarti kode yang dibuatnya gratis, memungkinkan kamu menginvestasikan anggaran yang dihemat dari kurangnya biaya lisensi dengan pakar Moodle

Mudah Digunakan

Mungkin manfaat paling penting dari Moodle dan apa yang telah mengantarkannya meraih kesuksesan besar adalah betapa mudahnya penggunaannya dari sudut pandang administratif.

Fungsionalitas dari pembuat kursus drag-and-drop sederhana hingga pelacakan kemajuan menjadikan setiap langkah strategi e-learning kamu lebih sederhana dan lebih cepat dibandingkan sistem offline dan sebagian besar opsi LMS lainnya.

Fleksibel

Fleksibilitas Moodle adalah salah satu kekuatan utamanya. Hal ini dapat dikonfigurasi , baik menggunakan fungsionalitas standar, tambahan seperti plugin, atau layanan solusi terkelola , untuk memenuhi kebutuhan organisasi kamu.

Baik itu memberi merek pada situs Moodle kamu untuk mencerminkan tampilan dan nuansa merek organisasi kamu, menyampaikan jenis konten kursus e-learning tertentu atau tetap mengikuti praktik terbaik dalam bidang e-learning.

Kompatibiltas

salah satu daya tarik utama e-learning dan pelatihan online, terutama bagi organisasi dengan tenaga kerja tanpa meja, adalah aksesibilitas yang ditawarkan bagi karyawan untuk mengakses konten pembelajaran kapan pun dan di mana pun mereka mau.

LMS Moodle dapat diakses pada perangkat apa pun dan responsif seluler, artinya pengguna kamu akan tetap mendapatkan pengalaman pengguna yang sama terlepas dari perangkat mana mereka mengakses Moodle.

Opsi Integrasi

Meskipun kamu dapat menggunakan Moodle LMS sebagai platform yang benar-benar mandiri, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengintegrasikannya dengan platform internal lainnya. Moodle seringkali dapat diintegrasikan secara mulus dengan platform seperti Microsoft Teams atau Zoom untuk fungsi konferensi video, serta integrasi data dengan sistem SDM atau CRM yang ada.

Menggunakan Single Sign On (SSO) untuk integrasi ini memungkinkan pengguna kamu mengakses semua sistem menggunakan satu log masuk, sehingga mengurangi kelelahan login.

Sifat Kolaboratif

Pembelajaran kolaboratif dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan keberhasilan hasil di antara pelajar kamu. Moodle mendorong kolaborasi melalui forum, Wiki, fungsi obrolan, dan grup, sehingga pelajar kamu memiliki banyak area kolaboratif untuk berbagi pemikiran dan ide, serta bekerja sama

Sejarah Moodle

Moodle merupakan learning management tool (LMS) yang dibuat oleh Martin Dougiamas dengan teknologi PHP dan database MySQL. Versi pertamanya muncul pada tahun 2002, namun terus diperbarui dan mengalami perbaikan setiap enam bulan. Hal ini dirancang untuk memudahkan guru dalam mengelola kursus online, baik untuk pembelajaran jarak jauh maupun penguatan dalam kasus pengajaran campuran atau tatap muka. Akronimnya dalam bahasa Inggris adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment atau yang sama dengan Dynamic Object Oriented dan Modular Learning Environment.

Fitur Moodle 

Personalized Dashboard

Setiap platform atau aplikasi memiliki halaman utama yang disebut dashboard setelah login akun. Dashboard ini memungkinkan kamu mengatur semua fitur dashboard Moodle, termasuk informasi. kamu dapat melihat informasi seperti jadwal kegiatan atau kegiatan harian, daftar orang yang sedang online, dan notifikasi lainnya.

Group Chat

Untuk membantu kamu mendapatkan informasi tentang perkembangan di grup kamu, Moodle memiliki fitur chat group, yang sesuai dengan namanya. Dengan fitur ini, kamu akan saling terhubung, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk berkolaborasi dalam proyek yang kamu jalankan.

File Management

Sudah jelas bahwa saat kamu menggunakan aplikasi, kamu harus memiliki ruang yang dapat diatur untuk memastikan bahwa file yang kamu simpan tidak berantakan dan mudah dicari, kan Sob? Pertanyaan apa pun yang muncul di fitur Moodle Sob akan dijawab dalam diskusi ini. Dengan demikian, fitur ini bermanfaat untuk membuat atau menambahkan file kursus baru dengan nama yang sesuai dengan materi. 

Progress Tracking

Tanpa pengawasan yang baik, akan sangat sulit untuk memastikan bahwa pembelajaran berjalan dengan baik. Karena itu, Moodle terus mengembangkan fitur yang melacak kemajuan. Sangat menarik bahwa fitur pemantauan ini mencakup semua penilaian yang dapat dilakukan melalui platform pembelajaran ini.

  • Course completion. kamu dapat menandai setiap materi kursus yang telah kamu ikuti secara manual atau otomatis, sehingga kamu dapat melanjutkan ke materi berikutnya.
  • Activity completion. Indikator yang dapat ditandai secara otomatis atau manual menunjukkan bahwa tugas telah diselesaikan. 
  • Grades. Penilaian atas pekerjaan atau ujian yang telah diselesaikan.
  • Badges. Penghargaan yang diberikan kepada siswa yang menyelesaikan tugas atau materi kursus yang ditetapkan. 
  • Competencies. Peringkat diberikan berdasarkan kemampuan peserta didik.

Multimedia Integration

Terakhir, fitur ini dapat digunakan untuk menghubungkan dengan berbagai jenis media, selama format tersebut dimiliki oleh kedua media.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Nah, itulah penjelasan detail dari Moodle. Moodle adalah salah satu platform e-learning yang paling populer dan memiliki banyak fitur yang menarik. Aplikasi Moodle dapat digunakan untuk membuat aplikasi pembelajaran online sesuai dengan skala dan tujuan portal pembelajaran kamu. bahkan jika tujuan kamu adalah untuk mendapatkan keuntungan finansial dari website pembelajaran yang kamu buat. Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds