No ratings yet.

Apa Itu Website Dinamis?

Situs Web Dinamis adalah situs web yang berisi data yang dapat berubah atau dapat diubah. Ini menggunakan skrip sisi klien atau server untuk menghasilkan konten yang dapat berubah. Seperti situs web statis, itu juga berisi data HTML.

Website dinamis adalah situs yang menghasilkan halaman secara real time. Beradaptasi dengan atribut dinamis seperti ukuran layar dan perangkat, dengan struktur dan konten yang secara otomatis berubah berdasarkan browser, dan sebagainya. 

Misalnya, ketika pengguna meminta halaman tertentu, server menarik informasi dari database dan membangun file HTML yang disesuaikan untuk pengguna. Setelah halaman selesai, file HTML dikirim kembali ke browser pengguna akhir.

Jenis Web Dinamis

Sementara halaman statis memerlukan pembaruan manual sebelum isinya berubah, situs web dinamis menawarkan konten unik kepada pengunjung setiap kali mereka melihat situs. Ini dilakukan melalui kombinasi skrip sisi klien dan sisi server. Skrip sisi klien menggunakan browser web untuk memproses kode, sementara skrip sisi server menggunakan skrip untuk beroperasi di server asal. Mari kita bahas masing-masing jenis secara rinci.

  • Skrip sisi klien menggunakan bahasa skrip seperti JavaScript yang membuat perubahan pada halaman web sesuai dengan tindakan pengguna seperti klik mouse atau goresan keyboard.
  • Skrip sisi server mengirimkan kode sebelum konten mendarat di ujung pengguna, mempersonalisasi aspek seperti halaman login atau formulir pengiriman

Menggunakan kedua jenis scripting memungkinkan situs web modern untuk beradaptasi dengan tampilan halaman masing-masing pengguna sambil mengurangi waktu buka server. Selain itu, skrip ini lebih aman, karenanya, Anda mungkin tidak menemukan atau kerentanan yang sangat rendah di jaringan saat Anda melakukan pengujian penetrasi jaringan.

Ciri-Ciri Website Dinamis

Menarik

Situs web dinamis mendorong keterlibatan pengguna. Situs web semacam ini terus berubah, artinya selalu ada sesuatu yang baru untuk dilihat pengunjung. Jika situs web Anda dinamis, pengguna melihatnya sebagai sumber informasi yang andal karena mereka tahu itu terus diperbarui dan apa yang mereka lihat relevan. Ini meningkatkan kemungkinan pengguna ingin berinteraksi dan terhubung dengan merek Anda, yang mereka lakukan dengan membeli produk atau layanan Anda, mendaftar untuk berlangganan, atau terlibat dengan komunitas media sosial Anda.

Interaktif

Konten situs web dinamis yang dipersonalisasi membuat pengguna merasa lebih terhubung dengan merek dan lebih cenderung menjadi pengikut dan pelanggan setia. Contoh konten yang dipersonalisasi adalah salam yang menyebutkan nama pengguna, serta pembaruan dan saran yang disesuaikan dengan preferensi pengguna, riwayat pembelian atau penelusuran, dan perilaku navigasi. Situs web dinamis juga menyediakan lebih banyak cara bagi pengguna untuk berinteraksi dengan halaman, seperti melalui fungsi daftar keinginan, yang juga memberikan informasi merek tentang penggunanya. Ini menghasilkan pengguna menemukan lebih banyak dari apa yang mereka inginkan di situs, membuat mereka tinggal lebih lama atau mengunjungi lagi, membeli produk atau menggunakan layanan, dan terus-menerus memeriksa apa yang baru atau jika ada penawaran khusus.

Menarik bagi search engine

Situs web dinamis lebih menarik bagi mesin pencari seperti Google, yang sangat penting jika Anda ingin situs web Anda mendapat peringkat yang baik dalam hasil pencarian. Mesin pencari lebih suka, atau lebih mengenali, situs web yang terus diperbarui. Selain itu, Google menggunakan elemen dinamis situs web untuk memberi pengguna pengalaman yang lebih baik dan lebih personal. Algoritmanya juga memprioritaskan situs yang responsif terhadap tampilan pengguna yang berbeda. 

Jika situs web Anda beradaptasi dengan tampilan seluler, tablet, dan pengguna, peringkatnya dapat lebih baik terlepas dari perangkat yang digunakan pengguna untuk mencari. Desain web statis dapat dengan cepat menjadi basi dan ketinggalan jaman, menyebabkan situs web turun dalam peringkat mesin pencari. Ketika mereka melakukannya, mereka kehilangan pelanggan potensial. Tetapi ketika peringkat situs Anda tinggi di mesin pencari, audiens Anda berkembang, dan pelanggan serta penjualan Anda dapat meningkat secara eksponensial.

Mudah dirawat

Pengguna terjebak dengan konten dan tata letak yang sama dengan halaman statis sampai kodenya diubah secara manual. Dengan situs web dinamis, Anda dapat mengubah konten tanpa harus menyewa pengembang web atau desainer atau mengedit kode HTML, memperbaruinya dengan cepat dan efisien sesuai kebutuhan. Anda dapat menambahkan atau menghapus fitur, halaman, dan konten sesuai keinginan Anda, sehingga mudah untuk tetap up-to-date dan relevan dengan audiens Anda.

Manfaat Website Dinamis

Beralih ke situs web dinamis memiliki beberapa manfaat bagi bisnis dan audiens target Anda:

Penjelajahan yang lebih personal

Salah satu manfaat terbesar untuk memiliki situs web dinamis adalah memberi pengguna pengalaman menjelajah yang dipersonalisasi setelah mereka mengunjungi situs web Anda. Saran konten dan produk, fitur untuk item yang baru dilihat, dan bahkan menawarkan konten berdasarkan lokasi dan demografi semuanya dapat berfungsi untuk membuat pengunjung tetap berada di halaman Anda dan mungkin mengambil langkah berikutnya dengan merek Anda.

Lebih mudah dirawat

Situs web dinamis menggunakan sistem manajemen konten (CMS) yang menyediakan database untuk konten dan elemen lain di halaman. Situs-situs ini juga menggunakan bahasa scripting yang berinteraksi dengan informasi dalam database, sehingga lebih mudah untuk memberlakukan perubahan di seluruh situs tanpa harus membuat perubahan satu per satu.

Anda dapat mengunggah konten dengan mudah, mengedit latar belakang dan elemen desain lainnya, dan bahkan membuat perubahan pada situs tanpa pengetahuan tentang pengkodean. Ini membuat situs lebih mudah dipelihara daripada rekan-rekan statisnya.

Pengalaman pengguna yang lebih baik

Selain menyesuaikan pengalaman browsing setiap pengunjung di situs, halaman web dinamis memungkinkan fungsi lainnya. Mampu mengedit situs sesuai dengan kebutuhan pengguna dan membangun navigasi yang lebih intuitif semuanya dimungkinkan melalui situs web dinamis. Selain itu, meningkatkan dan menambahkan lebih banyak fungsi ke situs web dinamis dapat dengan mudah dilakukan, membuatnya baik untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Tampilan profesional

Meskipun dimungkinkan untuk memiliki situs statis profesional, mereka tidak memiliki fitur dan elemen lain yang diharapkan banyak pengguna dari situs web modern. Situs web dinamis tidak hanya menyediakan fungsi dan interaktivitas yang dinikmati pengunjung, tetapi kemudahan pengeditan yang menyertainya membantu membawa tampilan profesional ke tingkat berikutnya.

Kelebihan Web Dinamis

Ada beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan web dinamis, antara lain:

  • Ini menyediakan situs web yang lebih fungsional
  • Sangat mudah untuk memperbarui
  • Membantu di search engine karena konten baru akan membawa orang kembali ke website kamu
  • Situs web bersifat interaktif karena dapat disesuaikan
  • Website dinamis dapat berfungsi sebagai sistem untuk memungkinkan staf atau pengguna berkolaborasi.
  • Memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik

Contoh Web Dinamis 

Facebook

Facebook menghasilkan konten yang dipersonalisasi berdasarkan tindakan pengguna. Hal-hal yang Anda lihat di situs web berubah tergantung pada akun yang Anda ikuti, konten yang Anda ikuti, atau orang yang Anda miliki di daftar teman Anda.

Twitter

Twitter, seperti Facebook, mengubah konten yang Anda lihat berdasarkan berbagai faktor seperti permintaan pencarian Anda dan daftar publik dan pribadi. Selain itu, keterlibatan Anda, seperti retweet dan suka, juga mendorong Twitter untuk membuat konten yang terkait dengan tindakan Anda sebelumnya.

Youtube

YouTube menggunakan algoritme yang mengubah umpan Anda berdasarkan akun langganan Anda, video yang Anda tonton, dan konten terkait lainnya yang selaras dengan kebiasaan menonton Anda.

RNA

RNA adalah website dinamis yang berfokus pada reselling domain, website ini bergantung pada halaman dinamis berdasarkan informasi bisnis dan pelanggan yang dapat ditindaklanjuti. Kunjungi RNA untuk mendapatkan pengalaman membeli domain atau bergabung dengan program reseller domain yang mudah dan interaktif!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds