No ratings yet.

Dalam membuat suatu website, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan mulai dari desain, nama, dan domain. Saat berselancar di internet, kamu pasti pernah menemukan ada beberapa situs web dengan perbedaan domain com dan co id di belakangnya. Mungkin awalnya kamu berpikir bisa memilihnya dengan sesuka hati. Padahal memilih domain yang cocok untuk suatu website merupakan hal yang penting. Karena, domain merupakan nama atau alamat unik yang akan mengantarkan audiens ke website yang akan kamu buat.

Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu hal – hal yang berkaitan dengan domain agar kamu dapat menentukan nama domain beserta ekstensi nya yang cocok dengan website yang akan kamu bangun. Lalu sebenarnya, apa sih perbedaan dari domain com dan co id? Dan domain mana sih yang cocok untuk website kamu? Yuk simak lebih lanjut artikel dibawah ini! 

Apa Itu Domain .com?

Domain .com merupakan domain yang paling terkenal dan populer. Arti ekstensi .com (komersial) menunjukkan bahwa domain ini dimiliki secara bebas oleh siapa saja, dan lebih ditujukan pada pelaku bisnis. Karena bersifat bebas, seluruh orang di seluruh dunia dapat memiliki dan menggunakan domain ini. Domain .com adalah domain internasional yang dikembangkan oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). 

Kelebihan domain ini yakni ekstensi domainnya sudah dikenall dan mendapat kepercayaan yang besar dari masyarakat di seluruh penjuru dunia. Hal ini dapat menguntungkan kamu dalam membangun kepercayaan dan brand awareness pada website yang akan kamu bangun. 

Baca Juga : Beli Domain .COM Untuk Website Profesional

Apa Itu Domain .co.id?

Jika domain .com dapat dimiliki siapapun secara bebas. Hal itu tidak berlaku pada domain .co.id. Tidak semua orang dapat menggunakan domain ini karena ekstensi .co.id merupakan singkatan dari company Indonesia. 

Ekstensi domain .co.id ini diresmikan dan dikelola oleh perusahaan pengelola domain indonesia yakni PANDI (Pengelola Nama domain Internet Indonesia). Hanya situs web dari perusahaan atau brand yang memiliki izin pemerintah Indonesia lah yang diperbolehkan menggunakan domain ini. Untuk dapat memiliki dan menggunakan domain .co.id, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan seperti melampirkan nomor izin usaha, NPWP, fotokopi KTP, dan lain sebagainya. 

Selain keamanan yang terjamin, ekstensi .co.id memiliki kelebihan lain yakni membantu website kamu masuk ke peringkat atas search engine. Search engine cenderung memberi peringkat situs web kamu lebih tinggi saat seseorang menelusuri sesuatu yang terkait dengan bisnis Anda. Hal ini karena search engine mencoba memberikan data yang paling akurat dan paling dekat dengan pengguna. Ekstensi ini juga tidak mudah terkena plagiarisme atau penipuan. Hal ini karena ekstensi domain .co.id ini memiliki beragam syarat dan ketentuan yang rumit untuk dipenuhi oleh pelaku tindak penipuan. 

Baca Juga : Beli Domain .ID Murah Terbaik

Perbedaan Domain COM dan CO ID

Beberapa dari kita mungkin familiar dengan domain .com dan .co.id. Tapi apakah kita benar-benar paham? Kedua domain memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Dengan mengetahui perbedaannya, kamu dapat mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan website yang akan kamu buat. Jika ingin tahu lebih jauh dengan perbedaan keduanya, simak ulasan berikut ini sampai tuntas.

1. Jenis Top Level Domain

Perbedaan pertama antara domain .com dan .co.id adalah jenis top level domain keduanya. Apa itu top level domain? Top level domain adalah bagian terakhir dari nama domain yang terletak setelah titik terakhir. Top level domain berfungsi sebagai penanda jenis sebuah website, asal negara sebuah website, dan lain sebagainya.

Domain .com adalah domain generic Top Level Domain (gTLD), ekstensi domain paling populer di dunia yang dapat digunakan siapa saja. Hal ini tidak terbatas hanya diperuntukkan kepada perusahaan, namun individu pun dapat memiliki ekstensi .com ini.

Sementara domain .co.id sekarang menjadi country-code Top Level Domain (ccTLD) untuk Indonesia. Jadi, tentu penggunaannya ditujukan untuk website Indonesia. Pihak yang diperbolehkan untuk menggunakan ekstensi ini adalah pihak yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

2. Jangkauan Audiens

Sesuai dengan deskripsinya, domain .com memiliki jangkauan audiens yang luas, dimana ekstensi domain ini bisa diakses siapapun di seluruh dunia. Dengan menggunakan ekstensi .com kamu dapat menjangkau audiens seluas – luasnya karena kamu dapat menarik pengunjung dari negara manapun. Domain ini cocok digunakan bagi kamu yang menginginkan target audiens di pasar global.

Sedangkan domain .co.id dikhususkan di Indonesia. Ekstensi domain .co.id hanya dapat digunakan pada skala lokal saja. Domain ini cocok bagi kamu yang menargetkan audiens Indonesia karena ekstensi domain ini berskala nasional sehingga audiens yang mengakses website kamu akan sesuai dengan target geografis perusahaan. Namun, meskipun hanya bisa diakses terbatas di Indonesia saja, domain ini memiliki keamanan yang optimal karena secara eksklusif oleh pemerintah. 

3. Persyaratan

Perbedaan selanjutnya yaitu tidak adanya syarat dan ketentuan khusus untuk pembeli domain .com. Hal ini berarti siapapun dapat dengan mudah memiliki domain .com. Selama kamu dapat memenuhi semua kebutuhan data dan informasi yang ada, kamu bisa tetap menggunakan domain website tersebut dimanapun dan kapanpun tanpa ketentuan yang mengikat.  

Berbeda halnya untuk pembeli domain .co.id. Kamu akan diminta untuk melampirkan beberapa persyaratan mulai dari paspor, akta, SIUP, notaris, dll, tergantung ekstensi domain .co.id yang kamu inginkan.

4. Harga

Perbedaan terakhir domain .com dan domain .co.id adalah dari harganya. Domain .com memiliki harga yang lebih terjangkau yakni mulai dari Rp 150.000 sedangkan harga domain .co.id sebesar Rp 270.000. 

Baca Juga : Beli Domain .NET Harga Murah Terbaik

Domain .com atau .co.id yang Cocok Untuk Website Kamu?

Setelah mengetahui perbedaan dari domain .com dan .co.id apakah kamu sudah menemukan ekstensi domain yang cocok untuk website kamu? 

Domain .com mengacu pada penggunaan “komersial” atau bisnis. Jadi ekstensi ini cocok untuk pemilik bisnis yang ingin menjalankan bisnisnya secara online dengan menggunakan website. Sebaliknya, domain .co.id biasanya digunakan oleh bisnis berbasis di Indonesia yang target utamanya adalah konsumen lokal.

Lalu domain mana yang lebih cocok untuk website saya? Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan bentuk website yang akan kamu buat. Apakah kamu memiliki pandangan untuk memperluas target audiens kamu ke luar negeri atau hanya cukup dengan menargetkan audiens lokal saja.

Lalu bagaimana caranya membeli domain yang belum digunakan orang lain? Atau kamu tertarik untuk menjadi reseller domain?  Tidak perlu khawatir, kamu dapat menemukan penawaran menarik untuk menjadi Reseller Domain di RNA.

Nah, itu tadi adalah informasi terkait perbedaan domain .com dan .co.id. Semoga penjelasan diatas bisa memberikan kamu gambaran lebih jelas tentang perbedaan keduanya serta membantu kamu dalam menentukan domain mana yang lebih cocok untuk website kamu. 

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

Leave a Reply

daftar reseller

This will close in 0 seconds