No ratings yet.

Apa itu Gateway?

Gateway adalah node jaringan yang digunakan dalam telekomunikasi yang menghubungkan dua jaringan dengan protokol transmisi yang berbeda bersama-sama. Gateway berfungsi sebagai titik masuk dan keluar untuk jaringan karena semua data harus melewati atau berkomunikasi dengan gateway sebelum dirutekan. 

Gateway jaringan adalah persimpangan antara dua jaringan, memungkinkan komunikasi antar perangkat yang beroperasi pada protokol atau arsitektur jaringan yang berbeda. Ini berfungsi sebagai titik masuk dan keluar jaringan, mengelola aliran data antara jaringan internal dan eksternal, seperti internet. Gateway sangat penting untuk memastikan bahwa data yang dikirim dari satu jaringan dapat dipahami dan diproses oleh jaringan penerima, menangani konversi dan perutean yang diperlukan untuk memfasilitasi komunikasi ini.

Di sebagian besar jaringan berbasis IP, satu-satunya lalu lintas yang tidak melalui setidaknya satu gateway adalah lalu lintas yang mengalir di antara node pada segmen jaringan area lokal (LAN) yang sama. Istilah gateway default atau gateway jaringan juga dapat digunakan untuk menggambarkan konsep yang sama.

Ada banyak aplikasi yang menggunakan ini. Gateway jaringan juga dapat menghubungkan intranet rumah ke internet kantor. Jika ada pengguna organisasi yang ingin menelusuri halaman web, minimal dua diakses.

Satu digunakan untuk mendapatkan dari jaringan kantor dan yang lainnya adalah untuk mendapatkan dari internet ke halaman web browser di komputer. Dalam jaringan perusahaan apa pun, biasanya bertindak sebagai firewall atau server proxy yang mencegah jaringan dari invasi asing. Atribut berbagi sambungan internet di Microsoft memungkinkan komputer untuk bekerja sebagai gateway dengan membuat sambungan antara internet dan jaringan internal.

gateway
Sumber: Envato

Perbedaan Gateway, Router, dan Switch 

Gateway bertindak sebagai “gerbang” antara dua jaringan, seringkali berbeda sifatnya, seperti jaringan lokal dan internet. Hal ini juga dapat menerjemahkan data antara protokol yang berbeda, sehingga memungkinkan untuk jaringan dengan protokol yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain.

Jadi gateway pada dasarnya adalah perangkat yang digunakan untuk komunikasi di antara jaringan yang memiliki seperangkat protokol yang berbeda dan bertanggung jawab untuk konversi satu protokol ke protokol lainnya.

Switch beroperasi dalam satu jaringan untuk menghubungkan perangkat bersama-sama. Ini menggunakan alamat MAC untuk meneruskan data hanya ke penerima yang dituju, yang mengurangi lalu lintas yang tidak perlu dan meningkatkan efisiensi. Anggap saja sebagai versi hub yang lebih cerdas, yang digunakan untuk menyiarkan data ke semua perangkat.

Sebuah router menghubungkan beberapa jaringan bersama-sama dan mengarahkan paket data ke tujuan mereka di seluruh jaringan ini. Ini beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi daripada switch, berurusan dengan alamat IP dan tabel routing untuk menentukan jalur terbaik bagi data untuk melakukan perjalanan.

Router pada dasarnya adalah perangkat atau perangkat keras yang bertanggung jawab untuk menerima, menganalisis, dan meneruskan paket data ke jaringan lain. Router benar-benar menentukan tujuan atau alamat IP target paket dan dengan demikian cara terbaik untuk mentransfer paket ditentukan oleh bantuan tabel penerusan dan header.

Intinya, gateway menjembatani jaringan yang berbeda dan menerjemahkan antar protokol, switch menghubungkan perangkat dalam jaringan yang sama dan mengelola arus lalu lintas, dan router menghubungkan jaringan yang berbeda dan merutekan lalu lintas di antara mereka.

gateway
Sumber: Envato

Fungsi Gateway

Koneksi LAN ke WAN

Dapat menghubungkan sekelompok komputer pribadi yaitu LAN (Local Area Network) ke Internet yaitu WAN (Wide Area Network).

Mengontrol data masuk dan keluar

Terletak di batas jaringan apa pun, sehingga mengontrol paket data masuk dan keluar dari / ke jaringan apa pun.

Bekerja sebagai Konverter Protokol

Ini memastikan bahwa paket data dari jaringan lain kompatibel dengan jaringan ini. Jadi itu mengubah protokol mereka menjadi protokol yang didukung dan hal-hal lain dari paket data sebelum masuk ke jaringan.

Kolektor Informasi

Ini mengumpulkan data dari berbagai bagian jaringan untuk membuat diagnosis yang lebih baik dari setiap paket data. Dalam proses ini, ia mengumpulkan informasi.

Routing paket data

Hal ini bertanggung jawab untuk routing paket data ke jaringan yang berbeda karena tahu tentang jalur routing dari jaringan yang berbeda yang berkomunikasi dengan jaringannya.

Bagaimana Cara Kerja Gateway?

Semua jaringan memiliki batas yang membatasi komunikasi ke perangkat yang terhubung langsung dengannya. Karena itu, jika jaringan ingin berkomunikasi dengan perangkat, node atau jaringan di luar batas itu, mereka memerlukan fungsionalitas gateway. Gateway sering dicirikan sebagai kombinasi dari router dan modem.

Gateway diimplementasikan di tepi jaringan dan mengelola semua data yang diarahkan secara internal atau eksternal dari jaringan itu. Ketika satu jaringan ingin berkomunikasi dengan yang lain, paket data diteruskan ke gateway dan kemudian dialihkan ke tujuan melalui jalur yang paling efisien. Selain data routing, gateway juga akan menyimpan informasi tentang jalur internal jaringan host dan jalur jaringan tambahan yang ditemui.

Gateway pada dasarnya adalah konverter protokol, memfasilitasi kompatibilitas antara dua protokol dan beroperasi pada setiap lapisan model OSI (Open System Interconnection).

gateway
Sumber: Envato

Jenis-Jenis Gateway 

Protokol Gateway

Protocol gateway beroperasi pada lapisan jaringan (layer 3) dari model OSI dan bertanggung jawab untuk menerjemahkan antara protokol jaringan yang berbeda. Mereka memungkinkan komunikasi antara jaringan yang menggunakan protokol jaringan yang berbeda, seperti gatway IPv4 ke IPv6 atau gateway IP ke IPX.

Unidirectional Gateway

Ini memungkinkan aliran data hanya dalam satu arah. Ini berarti perubahan yang terjadi di sumber dapat disalin ke tujuan tetapi perubahan yang terjadi di tujuan tidak dapat disalin ke sumber.

Bidirectional Gateway

Gateway ini memungkinkan aliran data di kedua arah. Artinya perubahan yang terjadi pada sumber dapat disalin ke tujuan dan perubahan yang terjadi pada sumber dapat disalin ke sumber.

Network Gateway

Ini adalah jenis gateway yang paling populer, ia bertindak sebagai antarmuka antara dua jaringan yang berbeda menggunakan protokol yang berbeda.

Cloud Storage Gateway

Ini membantu dalam transfer data antara cloud dan node jaringan. Ini mengubah permintaan API yang berbeda menjadi bentuk yang dapat dimengerti oleh platform cloud. 

VoIP Gateway

VoIP (Voice over Internet Protocol) gateway memungkinkan transmisi suara dan konten multimedia melalui Internet Protocol (IP) jaringan. Mereka mengubah sinyal suara dari jaringan telepon tradisional menjadi sinyal digital yang dapat ditransmisikan melalui internet dan sebaliknya. Fungsi ini memungkinkan integrasi layanan suara dengan jaringan berbasis IP modern, memfasilitasi fitur seperti pesan suara ke email, penerusan panggilan, dan rapat virtual dengan kemampuan audio dan video.

Baca Juga : 10 Fungsi IP Address yang Perlu Diketahui

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Nah itulah penjelasan dari gateway. Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds