No ratings yet.

Domain Situs Web adalah alamat utama yang dimiliki seseorang atau bisnis untuk membangun dan membedakan diri mereka di web di seluruh dunia. Nama ini bertindak sebagai papan iklan, mengingatkan pelanggan potensial tentang siapa kamu, di mana kamu berada, dan barang atau jasa apa yang kamu berikan. Situs web tanpa nama domain tidak dapat ditemukan karena bukan hanya tanda etalase, tetapi juga pintu masuk ke toko.

Domain sebenarnya tidak pernah benar-benar menjadi milik kamu, mereka berharga dan bisa hilang jika tidak dikelola dengan baik. Salah satu pengalaman paling menegangkan bagi pemilik website adalah menyadari bahwa domain mereka telah expired. 

Domain expired dapat menyebabkan hilangnya traffic website, kredibilitas dan bahkan pendapatan kamu. Oleh karena itu, memahami pengertian dan bagaimana domain expired dapat mempengaruhi bisnis menjadi hal yang penting untuk bisnis kamu. 

Pengertian Domain Expired

Ketika kamu mendaftarkan nama domain, kamu pada dasarnya menyewanya untuk jangka waktu tertentu. Setelah periode tersebut berakhir, kamu memiliki opsi untuk memperpanjang domain. Jika tidak, maka domain kamu bisa kadaluarsa atau biasa disebut sebagai domain expired.

Domain expired adalah nama domain yang telah kadaluarsa dan merupakan domain yang terdaftar tetapi tidak diperpanjang setelah periode pendaftaran pertama. Ini berarti, domain yang telah memasuki masa expired tersedia untuk pendaftaran ulang (perpanjangan domain) dan dapat dibeli oleh siapa saja. 

Domain expired dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk menutup bisnis, atau bahkan aspek sesederhana melupakan pembaruan domain dapat menjadi alasan penting yang menyebabkan masalah domain kadaluarsa. 

Risiko Domain Expired

Mendaftarkan domain memungkinkan kamu memesan nama domain dan menggunakannya untuk situs web kamu. Namun, untuk mempertahankan domain, kamu harus memperbaruinya sebelum kadaluarsa. Domain diperbarui setiap tahun, tetapi kamu juga dapat memilih periode yang lebih lama, hingga maksimal sepuluh tahun.

kamu akan diberi tahu oleh penyedia atau registrar sebelum tanggal kadaluarsa. Tetapi apa yang terjadi jika kamu melewati tanggal kadaluarsa? Dalam hal ini, kamu harus bertindak cepat untuk memulihkan domain jika kamu tidak ingin mengambil risiko kehilangannya.

Ingat bahwa hilangnya domain juga akan berarti hilangnya lalu lintas dan posisi karena kamu akan kehilangan semua pekerjaan pengoptimalan yang dilakukan di situs kamu. Selain itu, jika kamu tidak memiliki salinan cadangan terbaru, kamu juga dapat kehilangan data situs kamu.

Selain risiko ini, ada fakta bahwa jika kamu ingin memulihkan domain kadaluarsa dalam beberapa kasus, kamu harus membayar biaya untuk memulihkannya.

Dampak Negatif Domain Expired

Kehilangan Traffic dan Pelanggan

Domain expired memiliki kelemahan kehilangan potensi traffic organik sebab status backlink dan profil link domain sedang ditangguhkan. Ini berdampak pada otoritas dan reputasi website, yang mengarah ke peringkat search engine yang lebih rendah. Search engine lebih memilih situs web dengan profil backlink yang kuat.

Jika domain sebelumnya digunakan untuk website dengan kehadiran online dan peringkat search engine yang signifikan, kadaluarsanya dapat menyebabkannya keluar dari hasil pencarian dan kehilangan traffic dan pelanggan. Dalam hal ini, mungkin akan sulit untuk mendapatkan kembali traffic dan keterlibatan yang sama dengan sebelum domain expired. 

Dampak pada SEO

Domain expired dapat membahayakan kinerja SEO (Search Engine Optimization). Ada resiko mendapatkan backlink yang buruk dengan spam atau kualitas rendah. Ini dapat mengurangi otoritas dan kredibilitas, yang mengarah ke peringkat yang lebih rendah. Selain itu, riwayat domain expired dapat mempengaruhi keberadaan dan traffic online situs web.

Cara Mencegah Domain Expired

Sekarang setelah kamu tau resiko dan dampak dari domain expired, kini saatnya kamu mengetahui cara-cara untuk mencegah domain expired.

Pengingat Pembaruan

Jangan hanya mengandalkan notifikasi registrar domain kamu. Gunakan beberapa metode untuk mengingatkan kamu tentang tanggal habis masa berlaku domain. Kamu dapat menggunakan pengingat di kalender dengan menandai dan mengatur pengingat di kalender digital, atau dengan menggunakan layanan pemantauan pihak ketiga yang dapat memantau domain dan dapat mengirimi pesan peringatan ketika domain akan expired. 

Opsi Pembaruan Otomatis

Cara kedua adalah dengan menggunakan opsi pembaruan otomatis. Mengaktifkan pembaruan otomatis memastikan kamu tidak kehilangan kendali atas domain, dan mencegah domain expired yang tidak disengaja seperti lupa melakukan pembaruan domain.

Sebagian besar pendaftar domain melakukan ini dengan memungkinkan pelanggan melampirkan info kartu kredit untuk membayar dan memperbarui domain secara otomatis.

Langkah-langkah Jika Domain Sudah Expired

Berbagai hal dapat terjadi pada domain expired. Ini dapat diperpanjang oleh pendaftar, dibeli di lelang, atau kembali ke registry (database utama untuk nama domain). Sebelum hal-hal itu terjadi, pihak yang menyewakan domain biasanya akan memiliki kesempatan untuk membeli kembali hak untuk menggunakan nama domain mereka yang kadaluarsa. Jauh lebih mudah untuk memperbarui nama domain sebelum masa expired, namun jika sudah terlanjur expired kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

Proses Pemulihan

Jika kamu benar-benar kehilangan domain kamu, tindakan terbaik untuk memulihkan nama domain kamu bergantung dengan siapa pemiliknya sekarang. Jika pemiliknya adalah registrar domain, kamu dapat segera memulihkannya dengan menghubungi layanan pencatat domain yang kamu gunakan. 

Namun jika domain kamu telah terdaftar untuk pengguna baru, maka kamu dapat mencari siapa yang memiliki domain dengan menggunakan layanan gratis dari ICANN. Disana, kamu dapat mengetahui informasi kontak pengguna baru, kamu dapat menghubungi mereka untuk mendapatkan domain kamu kembali.

Alternatif Domain

Nah, jika kamu telah melakukan semua proses pemulihan diatas namun tetap tidak bisa, maka saatnya untuk menggunakan alternatif domain yang lain. Kamu dapat menggunakan nama domain yang sama namun dengan ekstensi yang berbeda. Sebagai contoh, domain awal kamu adalah domainawal.com kamu dapat menggantinya dengan domainawal.co.id jika kamu tetap ingin mempertahankan nama domain kamu. 

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian? 

Nama domain memainkan peran penting di pasar virtual. Memilih nama domain kreatif adalah aspek yang memakan waktu dan penting untuk memberi bisnis kamu alat untuk berkembang. Investasi semacam itu sangat penting untuk kesuksesan, itulah sebabnya domain expired dapat menjadi masalah demoralisasi dan melumpuhkan bisnis, yang hanya diperburuk jika pesaing berhasil merebut nama domain kamu. Semua waktu dan upaya yang dihabiskan untuk membangun merek itu dan menghubungkannya dengan nama domain.

Cara terbaik untuk mencegah masalah ini adalah dengan melakukan segala daya kamu untuk mencegah bencana seperti itu terjadi sejak awal. Ini termasuk secara teratur memeriksa email dan folder spam kamu untuk pemberitahuan perpanjangan, menyetel peringatan pribadi tentang kedaluwarsa, selalu memastikan bahwa info penagihan domain kamu adalah yang terbaru, dan menyetel akun kamu untuk diperpanjang otomatis.

Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds