No ratings yet.

VPN mengenkripsi lalu lintas internet Anda dan kemudian merutekannya melalui server penyedia VPN Anda sebelum Anda terhubung ke situs web atau layanan online lainnya. Ini membantu menyamarkan identitas dan aktivitas Anda di internet. VPN dapat digunakan untuk menerobos batasan geografis, melindungi aktivitas Anda di Wifi publik, dan menyembunyikan alamat IP asli Anda saat menjelajah internet.

Pengertian VPN

Dalam istilah yang sangat sederhana, VPN menghubungkan PC, ponsel cerdas, atau tablet Anda ke komputer lain (disebut server) di suatu tempat di internet, dan memungkinkan Anda menjelajahi internet menggunakan koneksi internet komputer itu. Jadi jika server itu berada di negara yang berbeda, itu akan tampak seolah-olah Anda berasal dari negara itu, dan Anda berpotensi mengakses hal-hal yang biasanya tidak dapat Anda lakukan.

VPN pada dasarnya meneruskan semua lalu lintas jaringan Anda ke jaringan virtual, dari situlah manfaatnya – seperti mengakses sumber daya jaringan lokal dari jarak jauh dan melewati sensor Internet – semuanya berasal. Sebagian besar sistem operasi memiliki dukungan VPN terintegrasi.

VPN awalnya hanyalah cara untuk menghubungkan jaringan bisnis bersama dengan aman melalui internet atau memungkinkan Anda mengakses jaringan bisnis dari rumah, tetapi penggunaannya telah berkembang jauh melampaui itu.

vpn
Sumber: Envato

Manfaat VPN

Koneksi VPN menyamarkan lalu lintas data Anda secara online dan melindunginya dari akses eksternal. Data yang tidak terenkripsi dapat dilihat oleh siapa saja yang memiliki akses jaringan dan ingin melihatnya. Dengan VPN, peretas dan penjahat dunia maya tidak dapat menguraikan data ini.

Enkripsi Aman

 Untuk membaca data, Anda memerlukan kunci enkripsi . Tanpa satu, itu akan memakan waktu jutaan tahun bagi komputer untuk menguraikan kode jika terjadi serangan brute force. Dengan bantuan VPN, aktivitas online Anda disembunyikan bahkan di jaringan publik.

Menyamarkan Keberadaan Kamu

server VPN pada dasarnya bertindak sebagai proxy Anda di internet. Karena data lokasi demografis berasal dari server di negara lain, lokasi Anda yang sebenarnya tidak dapat ditentukan. Selain itu, sebagian besar layanan VPN tidak menyimpan log aktivitas Anda. Beberapa penyedia, di sisi lain, mencatat perilaku Anda, tetapi tidak meneruskan informasi ini kepada pihak ketiga. Ini berarti bahwa setiap catatan potensial perilaku pengguna Anda tetap tersembunyi secara permanen.

Akses ke Konten Regional

Konten web regional tidak selalu dapat diakses dari mana saja. Layanan dan situs web sering berisi konten yang hanya dapat diakses dari belahan dunia tertentu. Standarnya, konektivitas menggunakan server lokal di negara tersebut untuk mengidentifikasi lokasi Anda, yang berarti Anda tidak dapat mengakses konten di rumah saat bepergian, atau konten internasional saat Anda berada di luar rumah. Namun, dengan menggunakan VPN yang menyembunyikan lokasi server, Anda dapat secara efektif “mengubah” lokasi Anda dengan beralih ke server di negara lain.

Baca Juga : IP Public: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengetahuinya

Jenis-Jenis VPN 

 SSL VPN

Seringkali tidak semua karyawan perusahaan memiliki akses ke laptop perusahaan yang dapat mereka gunakan untuk bekerja dari rumah. Selama krisis korona pada Musim Semi 2020, banyak perusahaan menghadapi masalah tidak memiliki peralatan yang cukup untuk karyawan mereka. Dalam kasus seperti itu, penggunaan perangkat pribadi (PC, laptop, tablet, ponsel) sering terpaksa. Dalam hal ini, perusahaan kembali pada solusi SSL-VPN, yang biasanya diimplementasikan melalui kotak perangkat keras yang sesuai.

Site-to-site VPN

Site-to-Site VPN pada dasarnya adalah jaringan pribadi yang dirancang untuk menyembunyikan intranet pribadi dan memungkinkan pengguna jaringan aman ini mengakses sumber daya satu sama lain.

Site-to-Site VPN berguna jika Anda memiliki beberapa lokasi di perusahaan Anda, masing-masing dengan jaringan area lokal (LAN) sendiri yang terhubung ke WAN (Wide Area Network). Site-to-Site VPN juga berguna jika Anda memiliki dua intranet terpisah di mana Anda ingin mengirim file tanpa pengguna dari satu intranet secara eksplisit mengakses yang lain.

Site-to-Site VPN terutama digunakan di perusahaan besar. Mereka rumit untuk diterapkan dan tidak menawarkan fleksibilitas yang sama seperti SSL VPN. Namun, mereka adalah cara paling efektif untuk memastikan komunikasi di dalam dan di antara departemen besar.

Client-to-Server VPN

Menghubungkan melalui klien VPN dapat dibayangkan seolah-olah Anda menghubungkan PC rumah Anda ke perusahaan dengan kabel ekstensi. Karyawan dapat menghubungi jaringan perusahaan dari kantor pusat mereka melalui koneksi aman dan bertindak seolah-olah mereka sedang duduk di kantor. Namun, klien VPN harus terlebih dahulu diinstal dan dikonfigurasi di komputer.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Saat Anda menghubungkan komputer Anda (atau perangkat lain, seperti ponsel cerdas atau tablet) ke VPN, komputer bertindak seolah-olah berada di jaringan lokal yang sama dengan VPN. Semua lalu lintas jaringan Anda dikirim melalui koneksi aman ke VPN. Karena komputer Anda berperilaku seolah-olah berada di jaringan, ini memungkinkan Anda untuk mengakses sumber daya jaringan lokal dengan aman bahkan ketika Anda berada di sisi lain dunia. Anda juga akan dapat menggunakan Internet seolah-olah Anda hadir di lokasi VPN, yang memiliki beberapa manfaat jika Anda menggunakan Wi-Fi publik atau ingin mengakses situs web yang diblokir secara geografis.

Saat Anda menjelajahi web saat terhubung ke VPN, komputer Anda menghubungi situs web melalui koneksi VPN terenkripsi. VPN meneruskan permintaan untuk Anda dan meneruskan respons dari situs web kembali melalui koneksi aman. Jika kamu menggunakan VPN yang berbasis di AS untuk mengakses Netflix, Netflix akan melihat koneksimu berasal dari dalam AS.

vpn
Sumber: Envato

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan VPN 

Kelebihan VPN

  1. Online Privacy. VPN mengenkripsi data anda, sehingga menyulitkan penjahat dunia maya untuk mengakses informasi sensitif seperti kata sandi dan data keuangan.
  2. Bypass blokir geografis. Anda dapat mengakses konten yang mungkin diblokir di lokasi anda dengan menghubungkan ke server VPN di negara lain.
  3. Perlindungan data. VPN menggunakan protokol tunneling untuk membuat koneksi yang aman, melindungi data anda dari potensi ancaman. 

Kekurangan VPN

  1. Kecepatan lebih lambat. Proses enkripsi dapat memperlambat koneksi internet anda karena waktu tambahan dan daya pemrosesan yang diperlukan.
  2. Peningkatan latensi. Menggunakan VPN dapat meningkatkan ping atau latency, yang dapat memperlambat aktivitas online.

VPN menawarkan keseimbangan antara keamanan online yang ditingkatkan dan potensi dampak pada kecepatan dan latensi internet. Apakah Anda harus menggunakannya tergantung pada kebutuhan spesifik dan kebiasaan online Anda. Jika Anda mempertimbangkan VPN, penting untuk memilih salah satu yang menyeimbangkan faktor-faktor ini secara efektif untuk situasi Anda

Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan VPN

Waktu terbaik untuk menggunakan VPN (Virtual Private Network) adalah ketika Anda ingin memastikan aktivitas online Anda bersifat pribadi dan aman. Pada dasarnya, jika Anda memiliki kekhawatiran tentang keamanan dan privasi digital Anda, sebaiknya Anda tetap mengaktifkan VPN Anda hampir sepanjang waktu. Namun, ingatlah bahwa menggunakan VPN terkadang dapat memperlambat koneksi internet Anda karena proses enkripsi, jadi Anda mungkin ingin menonaktifkannya ketika kecepatan tinggi sangat penting untuk tugas-tugas seperti bermain game atau konferensi video, asalkan Anda berada di jaringan yang aman.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian? 

Nah itulah penjelasan dari VPN. Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds