No ratings yet.

Dalam dunia digital yang berkembang ini dan dalam konteks jaringan komputer, Internet adalah topik yang paling penting dan vital yang telah melingkupi kita melalui berbagai perspektif. Berbagai perangkat elektronik yang kita gunakan seperti Handphone, tablet, jam tangan pintar, dan sistem komputer terhubung dengan internet.

Untuk semua perangkat ini, ada kebutuhan penting untuk perangkat ini harus diidentifikasi secara unik dalam jaringan untuk berkomunikasi dengan berbagai perangkat global. Jadi pengidentifikasi ini, yang ditugaskan untuk setiap perangkat individu, pada dasarnya dikenal sebagai Internet Protocol atau yang biasa kita sebut IP address. .

IP address dibagi menjadi dua yakni IP Public dan IP Private. Kali ini, RNA akan membahas apa itu IP Public mulai dari pengertian, hingga fungsi dan cara mengetahuinya. Yuk simak penjelasan detailnya dibawah ini!

Pengertian IP Public

Dalam jaringan komputer, alamat IP public didefinisikan sebagai nilai numerik unik yang ditetapkan untuk perangkat tertentu yang terhubung dalam jaringan yang menggunakan protokol internet untuk komunikasi dan transmisi.

Ini pada dasarnya menawarkan alamat yang dapat dikenali secara global yang memungkinkan perangkat pengguna untuk benar-benar mengirim dan menerima data atau paket di berbagai jaringan, yang disebut Internet Alamat IP public sebenarnya dapat dirutekan di Internet yang berarti bahwa mereka dapat diakses dan dikomunikasikan melalui perangkat apa pun, dari bagian mana pun atau dari wilayah mana pun di dunia.

Alamat IP public memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi server (VPN, FTP, dll.), Menyediakan akses jarak jauh ke mesin, dan banyak manfaat lainnya. Biasanya, langkah-langkah keamanan tambahan diperlukan saat menggunakan alamat IP public untuk menyediakan layanan di Internet. Langkah-langkah keamanan tersebut termasuk menggunakan firewall untuk menutup port dan protokol yang tidak digunakan, memisahkan layanan publik dari LAN menggunakan segmen jaringan DMZ, dll.

Setiap perangkat yang terhubung ke Internet harus memiliki alamat IP public. IP public mengidentifikasi perangkat ke Internet yang lebih luas dan memungkinkan Anda menemukan informasi yang diminta.

Perangkat dapat menggunakan terjemahan alamat jaringan (NAT) jika tidak ada IP public. Perangkat dengan IP private harus menggunakan NAT untuk menerjemahkan alamat ke alamat publik untuk mengakses Internet dan melampaui jaringan pribadi mereka.

Fitur IP Public

Aksesibilitas Internet

Internet adalah berbagai jaringan, dan alamat IP public memungkinkan kita untuk menghubungkan perangkat kita ke Internet. Alamat IP membantu untuk mengambil dan mengkomunikasikan data dari perangkat lain yang terletak di lokasi lain. Alamat IP public ini meningkatkan komunikasi dan menyediakan aksesibilitas.

Host Website di Internet

Dengan bantuan alamat IP public, kami sebenarnya dapat meng-host situs web kami atau beberapa aplikasi yang membutuhkan pengalaman pengguna di seluruh dunia. Jadi dengan alamat IP ini, kita bisa meng-host website kita. Setelah memasukkan nama domain situs web, nama domain akan dikonversi menjadi alamat IP public. Setelah nama domain dikonversi, ia mengambil data dari server tempat situs web di hosting.

DHCP dan Penugasan IP statis

Alamat IP public sebenarnya dapat ditetapkan ke perangkat jaringan, secara dinamis atau statis. DHCP, yang dikenal sebagai protokol konfigurasi host dinamis yang digunakan oleh ISP (Internet Service Provider) untuk secara dinamis menetapkan alamat IP public ke perangkat kami. Ini benar-benar meningkatkan dan memanfaatkan alamat kami yang tersedia secara efisien. Namun, ada beberapa bisnis atau organisasi lain yang benar-benar menerima alamat IP statis, yang tetap tidak berubah selama rentang waktu tertentu dan ini memberikan stabilitas untuk layanan hosting dan situs web untuk organisasi.

Perbedaan IP Public dengan IP Private

Perbedaan penting antara alamat IP public dan IP private adalah bahwa IP public dapat dilihat oleh perangkat lain di Internet, sedangkan IP private tidak bisa. Oleh karena itu, IP public digunakan untuk berinteraksi dan berkomunikasi secara online, sementara IP private beroperasi dalam jaringan lokal. Tabel dibawah ini meringkas perbedaan utama antara IP public dan IP private: 

AspekIP PublicIP Private
Ruang LingkupMemiliki jangkauan globalHanya jangkauan lokal
KomunikasiDigunakan untuk berkomunikasi melalui internetDigunakan untuk berkomunikasi dalam jaringan pribadi
KeunikanAlamat unik yang tidak digunakan oleh perangkat lain di internetAlamat dari rentang yang lebih kecil yang digunakan oleh perangkat lain di jaringan lokal lainnya
AsalDitugaskan oleh Internet Service Provider (ISP)Ditugaskan oleh router ke perangkat tertentu di jaringan lokal
LingkupIP apapun yang tidak berada dalam rentang IP privateAlamat apapun dari rentang berikut:10.0.0.0 – 10.255.255.255;172.16.0.0 – 172.31.255.255;192.168.0.0 – 192.168.255.255
KeamananIP public memerlukan langkah-langkah keamanan tambahan, mereka rentan terhadap seranganIP private lebih aman jika dibandingkan dengan IP public
Contoh82.129.73.11110.0.0.0

Cara Mengetahui IP Public 

Sebagian besar alamat IP public berubah, dan relatif sering. Setiap jenis alamat IP yang berubah disebut alamat IP dinamis. Ketika ISP masih baru, pengguna terhubung ke internet hanya untuk waktu yang singkat dan kemudian terputus. Alamat IP yang digunakan oleh satu pelanggan kemudian akan terbuka untuk digunakan oleh pelanggan lain yang perlu terhubung ke internet.

Untuk mengetahui alamat IP, Anda dapat menggunakan Command Prompt atau mengunjungi website pencari alamat IP. Berikut langkah-langkahnya.

Menggunakan Command Prompt

Ketik “ipconfig” tanpa tanda kutip di menu Windows untuk membuka Command Prompt. Cari bagian yang bertuliskan “IPv4 Address” saat tulisannya muncul. Ini berisi alamat IP public Anda.

Menggunakan Website

Untuk mengetahui alamat IP, ada banyak website, tetapi yang paling umum adalah whatismyip.com, ipchicken.com, dan ipsaya.com. Cukup buka salah satunya dan Anda akan melihat alamat IP di layar Anda.

Menggunakan Smartphone

Anda juga dapat mengetahui alamat IP public perangkat smartphone. Caranya sederhana: Anda hanya perlu menggunakan browser Anda untuk mengakses website penyedia informasi IP seperti whatsmyip.com atau ipsaya.com. Setelah browser berhasil memuat website-nya, alamat IP Anda akan langsung muncul di layar.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Singkatnya, alamat IP public adalah identitas perangkat Anda ketika terhubung ke jaringan Internet. Menggunakan alamat IP public membuat website atau aplikasi web Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna Internet. Namun, penggunaan alamat IP public tentu memiliki resiko nya sendiri. Karena banyak orang, termasuk peretas, dapat mengetahui alamat IP public Anda, keamanan website atau aplikasi dapat dibobol dengan mudah.Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds