No ratings yet.

Ingin membagikan tautan di media sosial? Sayangnya, tautan terlalu panjang dan melebihi batas karakter. Dalam hal ini, Anda memerlukan pemendek tautan (link shortener). Pemendek tautan tidak hanya mempersingkat tautan, tetapi juga membantu Anda memeriksa kinerja tautan. Mulai dari jumlah orang yang mengklik, lokasi, usia, dll. Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Apa Itu Shortlink?

shortlink adalah tautan yang dibuat lebih pendek dari panjang yang sebenarnya. alasan utama adanya shortlink adalah karena ada lebih sedikit karakter yang diizinkan per posting media sosial. bahkan pada aplikasi media sosial seperti Twitter membatasi penggunaannya hingga 280 karakter. ini berarti kamu memiliki lebih sedikit ruang untuk mengkomunikasikan pesan yang kamu posting pada media sosial ini. 

hmm, lalu apa yang akan kamu lakukan jika kamu ingin memposting tautan atau link tetapi link tersebut terlalu panjang? solusi sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan shortlink. shortlink memungkinkan kamu untuk mengambil URL yang panjang dan membuatnya menjadi lebih pendek. dengan cara ini, ketika pengguna mengklik versi pendek ini, mereka akan tetap diarahkan ke URL asli.

Keuntungan Menggunakan Shortlink URL?

ada tiga manfaat utama mengapa kamu harus mulai menggunakannya. berikut adalah daftarnya:

  1. shortlink dapat membantu menghasilkan lebih banyak lalu lintas web ke situs web kamu. ketika orang membagikan tautan singkat kamu di media sosial, itu akan secara otomatis dialihkan ke URL asli. ini berarti lebih banyak lalu lintas web untuk kamu!
  2. shortlink membantu melacak klik dan analitik. shortlink dapat membantu kamu melacak beberapa kali tautan kamu telah diklik, serta dari mana mereka diklik. informasi ini bisa sangat berharga dalam menentukan strategi pemasaran apa yang berhasil dari mana yang perlu diubah.
  3. shortlink membuat tautan lebih bersih dan lebih profesional. ketika kamu menyertakan shortlink sebagai bagian dari posting media sosial kamu, itu terlihat lebih rapi dan memakan lebih mengkomunikasikan pesan kamu dengan lebih jelas kepada audiens kamu.

Daftar Aplikasi Shortlink URL Terbaik 

sekarang setelah kamu mengetahui semua tentang manfaat menggunakan shortlink, mari kita bahas bagaimana kamu dapat membuatnya sendiri. langkah pertama adalah menentukan aplikasi shortlink. berikut adalah daftar rekomendasi shortlink terbaik:

1. RocketLink

RocketLink adalah pilihan yang bagus untuk pemula karena tidak memerlukan keterampilan teknis untuk dapat menggunakannya. sehingga kamu dapat langsung mulai menggunakannya. menariknya aplikasi ini menawarkan layanan shortlink secara gratis! Seluruh proses hanya memakan waktu beberapa detik, dan bagian terbaiknya adalah kamu dapat mempersingkat tautan apapun, terlepas dari situs web nya. 

2. Bitly

Bitly dianggap sebagai penyingkat URL terbaik karena kemudahan penggunaannya. Siapapun dapat menggunakan bitly secara anonim untuk membuat short link sebanyak yang mereka suka. Bitly juga terintegrasi dengan banyak layanan lain, seperti Zapier dan TweetDeck.

3. Rebrandly

Rebrandly membantu kamu menyiapkan domain baru untuk digunakan untuk shortlink dalam hitungan menit. Atau, mereka dapat membantu kamu mengatur nama domain situs web kamu saat ini untuk digunakan dengan shortlink kamu. Paket gratis mereka memungkinkan kamu dapat membuat dan melacak hingga 25 link bermerek, menggunakan satu domain khusus. Aplikasi ini cocok untuk bisnis kecil yang berfokus pada branding.

4. ClickMeter

Clickmeter adalah perusahaan saudara Rebrandly dan ditujukan untuk bisnis tingkat perusahaan yang mencari lebih banyak fitur teknis daripada yang disediakan Rebrandly. Salah satu nilai jual utama Clickmeter adalah ia menawarkan pelacakan konversi (fitur yang disediakan oleh banyak penyingkat URL). Plus, kamu mendapatkan semua fitur manajemen link lainnya, termasuk pemantauan link rusak dan klik serta pelacakan konversi.

5. Pretty Links

Pretty Links memudahkan untuk mengelola afiliasi atau link sosial media kamu. Setelah diinstal, ia menyediakan akses mudah ke semua link kamu, langsung dari area admin situs web kamu. Plus, kamu dapat membuat URL bermerek khusus serta mencari, mengelompokkan, dan melacak klik untuk tautan kamu. Untuk alasan ini, pretty links adalah pilihan ideal untuk afiliasi marketer dan blogger yang ingin meningkatkan pengalaman pelanggan. 

6. Tiny URL

TinyURL adalah salah satu yang pertama yang menawarkan pemendekan link pada saat Facebook dan smartphone belum ada. Selama bertahun – tahun, alat ini telah diperbarui untuk menyertakan fitur seperti manajemen link, penyesuaian URL, dan domain khusus. 

TinyURL sangat mudah digunakan. Setelah membuat akun, kamu dapat mengelola URL singkat dari dashboard TinyURL. Pengguna premium juga dapat melihat riwayat link mereka dan mengukur bagaimana shortlink mereka membangun brand awareness mereka. 

7. Polr

Polr adalah proyek open source yang memungkinkan siapa saja dengan pengetahuan teknis untuk membuat dan menghosting shortlink mereka sendiri. Kamu dapat menggunakan Polr dan menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi kamu (ini ditulis dalam PHP dan Lumen, menggunakan MySQL). Jika kamu hanya ingin menguji antarmuka dasar, Polr menawarkan halaman demo. Polr cocok untuk kamu yang ingin membuat dan menghosting penyingkat URL kamu sendiri.

8. Is.gd

Is.gd adalah alat lain yang berguna untuk membuat short link untuk situs web, halaman media sosial, atau saluran YouTube kamu. Ini jelas merupakan salah satu penyingkat URL tercepat diluar sana. Yang harus kamu adalah memasukkan URL di ruang yang diberikan, klik tombol “Shorten!” dan selesai.

Kamu juga dapat memeriksa statistik tautan kamu dengan menggunakan fitur pratinjau. Link bersifat permanen setelah dibuat, jadi kamu tidak perlu khawatir link tersebut tiba – tiba menghilang. Kelebihan lainnya adalah kamu dapat menyesuaikan link di bagian akhir untuk membuatnya unik untuk mewakili merek atau identitas kamu dan dilengkapi dengan pembuatan dan kemampuan untuk membaca QR code. Dan yang paling penting, layanan ini bisa kamu gunakan secara gratis!

9. Cut.Ly

Kamu tidak memerlukan akun untuk menggunakan Cut.Ly, atau bahkan untuk menyesuaikan URL, tetapi akun akan memberi kamu akses ke real time analytic, termasuk klik dan tayang media sosial kamu. Cut.ly memiliki tombol penyingkat URL kustom gratis yang dapat kamu tambahkan ke bilah browser kamu. Jadi ketika kamu ingin memperpendek tautan, kamu hanya membutuhkan satu kali klik dan selesai!

10. Linkly

Pemendek URL Linkly memungkinkan kamu membuat tautan pelacakan yang sederhana, indah, dan bermerek dengan pengalihan cerdas. Ini menawarkan fitur seperti melacak klik, membuat pemendek URL khusus dengan domain, dan menarik data dari Linkly ke Google Sheets. Pandu dan analisis 2000 clickers setiap bulan.

11. SmartURL

SmartURL adalah alat yang dapat kamu gunakan untuk membuat tautan pendek yang dialihkan berdasarkan negara dan perangkat. Pemendek URL gratis ini menggantikan URL default dan mengalihkan pengunjung ke tujuan khusus negara. Ini mendefinisikan alias khusus dan menambahkan deskripsi singkat untuk konteksnya. Untuk Indonesia, kunjungi smarturl.id.

12. ShortURL

Pemendek URL gratis berikutnya yang bisa kamu coba adalah ShortURL. ShortURL memotong tautan panjang dari Facebook, Twitter, LinkedIn, dan situs web populer lainnya di Internet. Cukup tempel URL panjang dan klik tombol URL pendek.

Kamu juga dapat memeriksa jumlah klik yang dihidupkan kembali pada URL yang dipersingkat. Perangkat lunak ini juga kompatibel dengan smartphone, tablet, dan komputer desktop. Pemendek URL khusus ini menggunakan protokol HTTPS dan enkripsi data.

13. Tiny.cc

Situs URL singkat lainnya yang mendukung kustomisasi URL untuk kebutuhan branding perusahaan kamu. Dibandingkan dengan situs URL singkat lainnya, Tiny.cc menawarkan harga kustomisasi URL yang relatif rendah, hanya $5/bulan. Namun jangan khawatir, Tiny.cc tidak akan membebankan biaya sepeser pun jika kamu hanya ingin mempersingkat tautan.

Selain fitur kustomisasi URL, Tiny.cc juga memiliki beberapa fitur lainnya. Kamu dapat melacak kinerja tautan yang dipersingkat. Dari melihat CTR hingga mengetahui di mana dan browser apa yang digunakan orang yang mengklik link tersebut.

14. BL.INK

BL.INK adalah situs pemendek link dengan fitur yang sangat lengkap dan dashboard yang mudah digunakan. BL.INK memungkinkan kamu menyesuaikan tautan dan melacak lokasi orang yang mengkliknya, perangkat yang mereka gunakan, dan bahkan bahasa yang mereka gunakan setiap hari.

Menariknya, BL.INK versi gratis menawarkan hampir semua yang dimiliki BL.INK. Namun, dibatasi untuk 1 pengguna dan 1.000 klik per tautan. Jika bisnis kamu masih kecil, kamu dapat mencoba BL.INK versi gratis ini. Oh iya, BL.INK juga punya fitur bernama Smart Link. Dengan fitur ini, kamu dapat membuat tautan berdasarkan kata kunci populer untuk menarik lebih banyak lalu lintas dan meningkatkan tingkat konversi.

15. T2M

Situs perpendek URL terbaik lainnya dengan semua fitur. T2M memiliki dasbor tempat kamu dapat melihat berbagai statistik data. Dasbor ini memudahkan untuk menganalisis kinerja berbagai tautan pendek. T2M juga menawarkan penyesuaian URL yang memungkinkan kamu menetapkan tanggal kadaluarsa, mempersingkat banyak tautan sekaligus, dan membagikan tautan di media sosial dengan satu klik.

Sejauh ini, kamu telah menemukan penyingkat URL terbaik. Dimulai dengan situs web, ekstensi, dan diakhiri dengan platform khusus untuk mengumpulkan semua tautan menjadi satu. Tapi yang tak kalah penting dari short link adalah bagaimana menyebarkannya secara efektif. Apalagi jika kamu memiliki bisnis atau bekerja sebagai influencer.

Jika kamu hanya ingin membagikan satu halaman situs web kamu, ekstensi pemendek situs web dan tautan adalah pilihan yang tepat. Oh ada satu cara lagi yang bisa kamu coba untuk membuat shortlink yaitu dengan menggunakan domain kamu. Jika kamu tertarik untuk mencoba menjadi reseller domain, kunjungi RNA dan daftarkan dirimu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds