No ratings yet.

Jika kamu mencari layanan untuk membantu mendaftarkan nama domain, google domain adalah salah satu layanan terbaik yang akan kamu temukan. Dalam artikel google domain ini, RNA akan membantu kamu untuk memahami apa itu google domain beserta dengan penjelasan lengkapnya. Langsung saja, mari kita mulai!

Apa Itu Google Domain?

Google domain adalah layanan pendaftaran domain yang diluncurkan oleh Google pada Januari 2015. Google domain membantu kamu dalam mendaftarkan nama domain yang kamu gunakan untuk situs kamu. tidak seperti banyak registrar domain populer lainnya, google domain tidak menawarkan jenis hosting apapun. hal ini berarti kamu harus membeli hosting secara terpisah. Misalnya, kamu dapat membeli nama domain dari google doain lalu menghubungkan ke DomaiNesia untuk hosting. 

Google domain juga memudahkan kamu terhubung ke layanan Google lainnya, seperti Google Workspace, Google Search Console, dan masih banyak lagi lainnya. kamu juga dapat mengakses google domain menggunakan akun google yang sama dengan yang kamu gunakan untuk layanan lainnya.

Hal yang paling menarik dari google domain adalah mereka menyertakan perlindungan privasi secara gratis sebagai bagian dari pembelian domain. Dimana hal ini tidak banyak berlaku pada registrar domain lain yang mengenakan biaya tambahan untuk perlindungan privasi.

Keunggulan Google Domain

1. Antarmuka yang dirancang dengan baik.

Jika kamu sudah memiliki akun Google, kamu dapat langsung mengelola akun domain kamu dari akun Google kamu. Kamu sudah tidak perlu lagi untuk mempelajari prosesnya, karena kamu akan mengelola domain kamu dengan antarmuka pengguna yang sudah akrab. Kamu akan menghemat waktu dimana ini hampir tidak mungkin kamu rasakan pada host domain lain dengan konsol pengelolaan yang tidak dikenal.

2. Harga kompetitif dan transparan.

Biaya tersembunyi adalah momok bagi industri pendaftaran domain. Untungnya, google domain tidak memaksa kamu untuk membeli apapun selain domain itu sendiri, dan tidak ada kejutan biaya tambahan di halaman checkout. Google domain bahkan tidak membebankan biaya pendaftaran ICANN kepada kamu.

3. Perlindungan privasi gratis.

Seperti yang dijelaskan diatas, kamu akan mendapatkan perlindungan privasi gratis saat menggunakan google domain. Google domain dilengkapi dengan privasi WHOIS dimana informasi pribadi kamu tidak akan dapat diakses melalui berbagai alat pencarian WHOIS. 

4. Server DNS yang didukung Google.

Server DNS adalah elemen penting dari infrastruktur web. Tugas merek adalah mengambil nama domain kamu dan menerjemahkannya ke dalam bentuk alamat web yang dapat dipahami oleh komputer lain di internet. Tanpanya, nama domain tidak akan berguna.

Jika kamu mendaftarkan domain kamu melalui google domain, domain itu akan menggunakan server DNS yang sama dengan search engine Google yang cukup efisien. 

5. Dukungan Pelanggan 24/7

Google memiliki Pusat Bantuan yang dapat Anda gunakan untuk menemukan tutorial, panduan, dan dokumentasi lainnya untuk menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin Anda hadapi. Jika tidak dapat menemukan jawaban, Anda dapat melakukan chat dengan staf dukungan Google Domains mereka atau mengirim email kepada mereka.

6. Email kustom. dengan G Suite.

Google domain menawarkan penerusan email gratis. Kamu dapat menyiapkan 100 email alias untuk domain kamu. ini sangat ideal untuk pengguna individu dan usaha kecil. Namun, kamu dapat memilih untuk mendapatkan G Suite dengan akun hosting domain kamu dengan biaya tambahan $30 per pengguna setiap bulannya.

Hal ini berarti bahwa kamu akan mendapatkan alamat email khusus, serta 30 GB Google Drive dan Hangouts. kamu juga dapat meningkatkannya, menambahkan sebanyak mungkin pengguna dengan akun email mereka sendiri (tapi tentunya tidak gratis). kamu juga tidak perlu memelihara server email kamu sendiri, karena Google akan melakukan semua itu untuk kamu.

7. Integrasi mudah.

Jika kamu mendaftarkan nama domain kamu dengan Google, maka menghubungkan ke properti Google seperti Google Search Console, Google App Engine, dan Cloud Run sangat mudah. Kamu tidak perlu memverifikasi data TXT apapun karena semuanya ditautkan secara otomatis. 

Selanjutnya, kamu  juga dapat menghubungkan domain yang ada ke Google Workspace, dan Anda bahkan dapat membuat situs di Google Sites atau Blogger.

Kekurangan Google Domain 

1. Cakupan terbatas.

Google Domains mendukung lebih dari 100 ekstensi domain, termasuk semua opsi umum. Namun, pendaftar domain lain mendukung lebih banyak ekstensi untuk kamu pilih.

2. Biaya lebih tinggi dibanding dengan kompetitor.

Harga transparan Google Domains sangat kompetitif, tetapi alternatif yang lebih murah dapat ditemukan untuk beberapa ekstensi domain. Misalnya, Google Domains adalah salah satu opsi termurah untuk domain .org, tetapi sangat mahal untuk domain .io.

3. Tidak sepaket dengan hosting.

Google hanya menawarkan pendaftaran domain. Agar situs kamu dapat dilihat di internet, kamu memerlukan paket hosting web. Banyak pengguna lebih suka mendapatkan hosting dari penyedia yang sama dengan domain mereka. sehingga mereka dapat mengelola domain dan hosting mereka dari satu tempat.

Cara Mendaftar Google Domain 

Google memiliki ciri khas untuk membuat penggunanya terbiasa dengan standar dalam hal alat dan layanannya. sebagian besar dari layanan yang diberikannya selalu sederhana dan intuitif, namun fungsional. Demikian pula dengan google domain, berikut adalah langkah – langkah sederhana untuk mendaftar google domain:

  1. Perlu diingat bahwa google domain tidak tersedia di seluruh dunia. Namun untungnya Indonesia masuk kedalam list negara yang bisa mendaftar google domain. 
  2. Buka halaman beranda utama Google Domains – My domains. Kamu akan disambut dengan kolom penelusuran yang rapi dan beberapa fitur tambahan. 
  1. Kemudian kamu dapat mulai mencari nama domain yang kamu inginkan di kolom pencarian. Google akan menampilkan beberapa ekstensi yang tersedia.
  1. Untuk melihat semua TLD yang tersedia, klik tab ‘All Endings’ (terlihat di atas). Daftar ini berdasarkan abjad, jadi mungkin perlu beberapa saat untuk menelusuri semuanya.
  2. Jika ada sesuatu di daftar yang kamu suka, kamu dapat menambahkannya ke keranjang, dan, setelah selesai, lanjutkan ke checkout.
  1. Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengonfirmasi alamat email kamu dengan ICANN. Ini adalah langkah yang diperlukan, di mana pun kamu mendaftarkan nama domain kamu. Google akan memberitahu kamu cara melakukannya.

Pada tahap ini, kamu akan dapat melihat nama domain kamu di panel pengguna Google Domains utama. Dari panel pengguna, kamu dapat mengatur DNS domain, menambahkan alias email, dan menghubungkan domain ke pembuat situs web pilihan kamu.

Perbedaan Google Domain dengan Domain Lainnya

Mengesampingkan model penetapan harga yang jelas dan semua keuntungan tambahan yang kamu dapatkan dengan Google Domains, memutuskan apakah Google Domains benar-benar layak masih bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Bagi saya, itu bermuara pada beberapa hal:

Pertama, produk inti dengan semua pendaftar domain selalu sama – itu mendaftarkan nama domain atas nama Anda dan menjaganya tetap ‘hidup’. Jadi, dalam hal ini, produk Google sama seperti orang lain – nama domain tidak lebih baik dari apa yang bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Kedua, sekeren fasilitas tambahannya, hal-hal seperti privasi WHOIS, integrasi pembuat situs web, subdomain, dan alias email tidak benar-benar mengubah permainan, dan kamu akan menemukan perusahaan lain juga menawarkannya. Google Domains sama sekali tidak revolusioner.

Pada akhirnya, yang paling penting bagi 99% pengguna adalah harga domain tertentu yang mereka minati. Oleh karena itu, mendapatkan domain di Google Domains mungkin hanya masuk akal jika TLD yang kamu inginkan lebih murah daripada dengan pesaing. Berikut adalah tabel harga resmi TLD domain yang tersedia, dan berikut adalah harga yang ditawarkan oleh pesaing paling terkenal, sehingga Anda dapat melakukan riset sendiri.

Dapatkan Domain Murah Terbaik hanya di RNA

Sekarang kamu sudah tahu apa itu Google Domains. Sepintas terlihat seperti yang lain, tetapi domain Google jelas berbeda. Opsi yang diperbarui, dimulai dengan harga dan diakhiri dengan proses belanja dan metode pembayaran. Kamu juga bisa memiliki nama domain dengan harga terjangkau, join reseller domain dan beli domain murah sekarang!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds