No ratings yet.

Email adalah salah satu cara utama kita berkomunikasi dan tetap terhubung di era digital. Email forwarding memungkinkan kamu mengarahkan email dari satu akun ke akun lainnya. Ini adalah cara mudah untuk mengelola dan mengatur kotak masuk kamu dengan lebih baik. kamu tidak perlu masuk ke akun lain untuk memeriksa pesan kamu. Email forwarding juga memastikan kamu tidak melewatkan pembaruan penting jika kamu tidak sering memeriksa akun tertentu.

Pada artikel ini, kita akan melihat apa itu email forwarding, manfaat dan bagaimana cara untuk mengaturnya secara efisien. Langsung saja, mari kita mulai dengan apa itu email forwarding?

Apa itu Email Forwarding?

Email forwarding adalah fitur yang memungkinkan kamu mengalihkan email masuk secara otomatis dari satu alamat email ke alamat email lainnya. Saat email forwarding disiapkan, setiap pesan yang dikirim ke alamat email asli akan secara otomatis diteruskan ke alamat email penerima yang ditunjuk. 

Misalnya, kamu dapat meneruskan email dari alamat kantor lama kamu ke email pribadi kamu saat ini. Email asli dikirim ke alamat penerima yang dituju seperti biasa. Tetapi salinannya juga dikirim ke alamat email yang diteruskan. Pengirim email tidak tahu ID email telah berubah. 

Email forwarding mencegah kamu kehilangan pesan penting dan harus memantau beberapa kota masuk. Ini seperti penjawab otomatis yang diam-diam mengirimkan email ke akun pilihan kamu. Fungsi yang nyaman ini menghemat waktu dan tenaga dengan mengkonsolidasikan komunikasi email kamu dan memastikan bahwa pesan penting mudah diakses di satu lokasi pusat.

Jika kamu memiliki beberapa alamat email untuk bisnis kamu, sebaiknya teruskan semua pesan email ke satu akun. Jadi jika kamu memiliki alamat email [email protected]@example.com, dan [email protected], semuanya dapat dikirim ke satu akun seperti [email protected]. Menyiapkan forwarder email dapat dilakukan melalui cPanel atau melalui halaman login Webmail kamu.

Manfaat Email Forwarding

Mengelola Banyak Email dengan Mudah

Harus masuk ke akun email terpisah untuk memeriksa pesan sangat tidak efisien. Dengan email forwarding, seluruh aliran komunikasi kamu akan dikonsolidasikan ke dalam satu kotak masuk universal.

Ini menciptakan satu hub terpusat untuk mengelola email masuk dan keluar dengan mulus. kamu tidak perlu lagi membuang waktu untuk beralih di antara akun yang berbeda dan dapat menangani semua email dari satu tempat.

Akses Email Dimana Saja

Layanan email berbasis web memungkinkan kamu mengakses kotak masuk dari perangkat atau lokasi mana pun. Jadi ketika kamu meneruskan email ke akun seperti itu, kamu dapat memeriksa pesan saat bepergian melalui telepon atau web tanpa memerlukan komputer tempat pesan awalnya dikirim. Ini memastikan kamu tetap terhubung dengan email terpadu, di mana pun kamu berada. Penerusan memberikan fleksibilitas untuk mengelola komunikasi dari jarak jauh.

Ganti Alamat Email dengan Lancar

Saat kamu berganti pekerjaan atau ID email pribadi, penerusan membantu menghindari cegukan transisi. Kontak kamu tidak perlu diberi tahu atau diperbarui tentang alamat email baru kamu. Bahkan jika mereka mengirim pesan ke alamat lama kamu, email secara otomatis masuk ke kotak masuk kamu saat ini, berkat penerusan yang mulus. Ini mencegah kesenjangan komunikasi selama peralihan email.

Atur Kotak Masuk dengan Lebih Baik

Email forwarding memungkinkan kamu merutekan pesan dari berbagai alamat ke folder atau label tertentu di kotak masuk utama kamu. Ini secara otomatis memisahkan email berdasarkan akun pengirim, membuat kotak surat kamu lebih teratur. kamu dapat mengatur tab khusus untuk email pribadi, email kantor, buletin, dll., Tanpa menyortir secara manual setiap kali.

Keamanan dan Privasi

Layanan online tertentu mengharuskan kamu untuk memberikan ID email saat mendaftar. Penerusan memungkinkan kamu untuk berbagi alamat email sekali pakai sekunder sambil menjaga alamat kotak masuk utama kamu tetap pribadi. Email apa pun dari ID sekunder akan dialihkan ke akun utama kamu. Ini memberi kamu lapisan privasi dan keamanan tambahan.

Hindari Kehilangan Pesan Penting

Salah satu manfaat terbesar dari email forwarding adalah memastikan kamu tidak pernah melewatkan pesan penting. Jika kamu berganti pekerjaan atau alamat email, kontak lama dapat terus mengirim email ke ID kamu sebelumnya, tanpa mengetahui bahwa ID tersebut sudah usang.

Tanpa penerusan, kamu harus terus memantau beberapa kotak masuk untuk menghindari kehilangan email penting dari tahun lalu. Penerusan memungkinkan kamu menyalurkan email dari semua akun menjadi satu, jadi tidak ada yang gagal.

Cara Setting Email Forwarding

Cara Email Forwarding di cPanel

cPanel memungkinkan kamu untuk membuat email forwarders. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke cPanel kamu. Kemudian masuk ke bagian “Email” dan klik menu “Forwarders”

email forwarding

Pada halaman forwarders, klik tombol “Add Forwarder”. Kemudian, masukkan alamat yang kamu ingin teruskan pesannya dan pilih domain dari kotak dropdown.

email forwarding

email forwarding

Untuk opsi Destiation, ketikkan alamat email lengkap yang ingin kamu teruskan emailnya di kotak teks. Kemudian klik tombol “Add Forwarder”

email forwarding

 

kamu kemudian akan melihat ringkasan forwarder yang kamu buat, mirip dengan ini:

“Semua email yang dikirim ke [email protected] sekarang akan disalin ke [email protected].”

Dan selamat, email forwarding telah dibuat di bagian email forwarder cPanel. 

Cara Email Forwarding di Webmail

Mulailah dengan masuk ke webmail. Ingat, kamu dapat masuk ke webmail dengan mengunjungi example.com/webmail. Pastikan juga untuk menggunakan alamat email lengkap sebagai nama pengguna dan kata sandi yang terkait dengan akun email yang kamu masuki. Setelah berhasil masuk, Sekarang, verifikasi bahwa kamu masuk ke alamat email yang benar dan klik “Forwarder”.

email forwarding

Layar ini menunjukkan bahwa saat ini kamu tidak memiliki penerusan yang disiapkan. Klik “Add Forwarder”.

email forwarding

Isi kolom dengan alamat untuk meneruskan dan klik “add forwarder”.

email forwarding

Sekarang, kembali ke opsi “forwarder” dan verifikasi bahwa forwarder kamu sudah diatur dengan benar!

email forwarding

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian? 

Email forwarding adalah  alat yang sangat diperlukan untuk mengelola beberapa akun email dengan mulus. Ini memungkinkan kamu menyalurkan pesan penting dari alamat lama ke satu kotak masuk utama. Ini menghemat waktu dan tenaga yang kamu habiskan untuk memantau berbagai akun.

Menyiapkan email forwarding juga sederhana dan cepat setelah kamu menemukan pengaturan yang tepat. Pilih opsi penerusan pilihan kamu berdasarkan kebutuhan spesifik kamu. Gunakan email forwarding untuk tetap mengetahui semua komunikasi masuk dan mempertahankan hub terpadu untuk email. Menerapkan ini dapat membuat kotak masuk kamu lebih ramping, teratur, dan efisien.

Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? Segera kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds