No ratings yet.

ada kalanya pemasar ingin merangsang permintaan dan meningkatkan penjualan produk atau layanan mereka dalam jangka pendek. Di sinilah memiliki toolbox teknik sales promotion dapat membantu.

sales promotion, atau promo, dapat memiliki efek positif pada kesadaran merek kamu, kepuasan pelanggan dan pendapatan. Pada artikel ini, kami akan membagikan dua belas ide contoh sales promotion bersama dengan tips tentang di mana menjalankan sales promotion kamu dan bagaimana membuatnya efektif.

Apa itu Sales Promotion?

sales promotion adalah strategi pemasaran di mana bisnis menggunakan kampanye atau penawaran sementara untuk meningkatkan minat atau permintaan pada produk atau layanannya.

Ada banyak alasan mengapa bisnis dapat memilih untuk menggunakan sales promotion (atau ‘promo’), tetapi alasan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan. Peningkatan penjualan mungkin diperlukan untuk mencapai kuota saat tenggat waktu mendekat, atau untuk meningkatkan kesadaran akan produk baru.

Apa Saja Contoh-Contoh sales promotion (Sales Promotion)?

sales promotion mengacu pada berbagai teknik pemasaran yang bertujuan merangsang minat, atau pembelian, suatu produk atau layanan. Contohnya termasuk: 

  •  Kupon: Menawarkan diskon untuk produk tertentu untuk mendorong pembelian.
  • Rebate: Memberikan pengembalian sebagian dari harga pembelian setelah penjualan.
  • Kontes dan Undian: Melibatkan pelanggan dengan hadiah yang dapat dimenangkan dalam undian atau kompetisi.
  • Sampel Gratis: Memberikan sejumlah kecil produk secara gratis untuk mencoba dan meningkatkan penjualan.
  • Beli Satu Gratis Satu (BOGOF): Mendorong pembelian massal dengan menawarkan item tambahan tanpa biaya tambahan.
  • Program Loyalitas: Memberi penghargaan kepada pelanggan tetap dengan poin, diskon, atau manfaat lainnya.

Ini hanya beberapa contoh; Ada banyak jenis sales promotion lain yang digunakan bisnis untuk menarik pelanggan.

Apa Tujuan Sales Promotion?

Memperkenalkan produk, layanan, atau fitur baru

sales promotion adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian dan meningkatkan permintaan saat memperkenalkan produk, layanan, atau fitur baru yang belum memiliki bukti sosial di pasar kamu.

Misalnya, memasangkan pengumuman fitur SaaS baru kamu dengan diskon waktu terbatas mungkin cukup untuk mengubah prospek lama menjadi pelanggan yang membayar. Atau, jika kamu mengungkapkan produk baru, kamu dapat membagikan harga perkenalan yang akan kadaluarsa setelah jumlah pembelian “X” pertama.

Hasilkan prospek baru

Dalam jangka pendek, sales promotion dapat membantu kamu menarik prospek atau pelanggan baru. Namun, ini juga harus dilihat sebagai satu bagian dalam strategi jangka panjang, karena kamu harus terus memelihara prospek ini untuk memindahkan mereka di sepanjang jalur penjualan atau mengubahnya menjadi pelanggan setia yang tidak bergejolak.

Contoh menggunakan sales promotion untuk menghasilkan prospek baru adalah menawarkan uji coba gratis untuk alat SaaS sehingga calon pelanggan dapat melihat apakah produk kamu adalah solusi yang mereka cari.

Atau, jika kamu menjual template digital dengan harga lebih murah, orang dapat membaginya dengan orang lain yang bisa mendapatkan keuntungan dari diskon juga. Dengan cara ini, sales promotion adalah cara yang bagus untuk menarik prospek yang berkualitas untuk tim penjualan kamu.

Dapatkan wawasan berharga

sales promotion berfungsi untuk menghasilkan wawasan berharga tentang apa yang diinginkan pelanggan kamu, bagaimana mereka membuat keputusan pembelian dan jenis promosi apa yang paling mereka hargai – informasi yang berguna untuk tim penjualan dan pemasaran kamu.

Saat merancang kampanye sales promotion kamu, kamu harus melakukan penelitian tentang minat pelanggan kamu, serta apa yang ditawarkan pesaing kamu. Meluangkan waktu untuk melakukan penelitian ini dapat membantu kamu dan tim kamu belajar bagaimana menarik klien baru, meningkatkan layanan pelanggan dan membuat penawaran menarik yang beresonansi dengan audiens target kamu. Bayangkan saja, kamu tidak ingin menjalankan kampanye untuk diskon 15% pada minggu yang sama ketika pesaing kamu menjalankan promo untuk diskon 20%.

Dorong pelanggan yang sudah ada untuk membeli lebih banyak

Ide sales promotion yang bagus dapat berfokus secara khusus pada pelanggan tetap. Mendorong bisnis yang berulang lebih mudah dan lebih hemat biaya daripada menarik klien baru. Bahkan, peningkatan 5% dalam retensi pelanggan menghasilkan lebih dari 25% peningkatan laba, rata-rata.

Dengan memberikan insentif eksklusif kepada pelanggan yang sudah ada, kamu dapat meningkatkan loyalitas, menghasilkan pembelian berulang, dan mudah-mudahan menarik rujukan berkualitas tinggi. kamu juga dapat menarik pelanggan jangka panjang dan berulang. Praktik ini bagus untuk saluran penjualan apa pun, karena klien berulang bergerak melalui corong dengan cepat, karena mereka sudah tahu apa yang diharapkan.

Apa Saja Macam Jenis Sales Promotion?

Terlepas dari jenis bisnis atau industri tempat kamu berada, ada berbagai contoh dan teknik sales promotion yang dapat kamu selaraskan dengan kebutuhan penjualan kamu. sales promotion B2B dan B2C dapat menggunakan beberapa teknik, seperti:

Kompetisi dan hadiah

Kompetisi pelanggan bisa tentang mendapatkan keterlibatan paling banyak di pos media sosial yang menandai merek kamu, atau tantangan media sosial yang memasukkan mereka dalam hadiah. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menciptakan buzz di sekitar bisnis kamu dan memberi penghargaan kepada pelanggan karena menjadi pendukung setia dan promotor merek kamu.

Flash sale atau pengurangan harga waktu terbatas

Flash sale adalah sales promotion yang menawarkan diskon, promosi, atau rabat yang hanya berlaku untuk waktu yang singkat, mulai dari hanya beberapa jam hingga beberapa hari. flash sale bekerja dengan baik untuk menciptakan rasa urgensi, yang dapat membantu mendorong konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Meskipun jendela pembelian pendek, pemasar dapat membangun minat sebelumnya dengan berbagi kapan tepatnya flash sale akan terjadi.

Bundling produk atau layanan

Jika kamu memiliki set produk yang berpotensi menciptakan nilai lebih sebagai penawaran yang dibundel daripada item yang berdiri sendiri, menjualnya sebagai paket dengan harga diskon dapat membantu meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

Ini bisa sangat memberi insentif bagi pelanggan yang berjuang untuk memilih antara beberapa produk atau layanan kamu dan pesaing dan sekarang bisa mendapatkan keduanya (atau banyak) dengan harga diskon.

Uji coba atau demo gratis

Uji coba gratis adalah cara yang bagus untuk mendapatkan petunjuk untuk mencoba produk atau layanan kamu tanpa risiko atau komitmen dari mereka. Dalam praktiknya, pengecer dapat menawarkan sampel gratis pada saat pembelian, dan layanan B2B atau B2C mungkin menawarkan uji coba gratis atau demo produk atau layanan mereka sehingga prospek dan pelanggan potensial mereka dapat mengambil produk.

Kupon pembelian pertama

Jika seseorang menjadi terhubung dengan bisnis kamu dengan cara selain melakukan pembelian, seperti uji coba gratis, mungkin perlu waktu bagi mereka untuk melakukan pemanasan untuk menjadi pelanggan yang membayar.

Untuk mempercepat proses, tawarkan diskon pada pembelian pertama mereka. Bahkan, beberapa merek bahkan menawarkan diskon untuk pembelian pertama di email selamat datang mereka sebagai cara untuk berterima kasih kepada pelanggan baru mereka atau memimpin untuk bergabung dengan komunitas mereka. Untuk hasil terbaik, batasi penawaran hingga beberapa hari. Bahkan jika mereka tidak menggunakan kupon, mereka dapat menelusuri produk atau layanan kamu dan mempelajari lebih lanjut tentang bisnis kamu.

Ingin Buat Website Keren dengan domain Impian?

Apapun tujuan akhir, metode insentif, atau saluran promosi kamu, sales promotion adalah cara yang terbukti untuk menarik perhatian audiens kamu dan meningkatkan proses penjualan kamu. Dengan menggunakan strategi penjualan yang menarik seperti kelangkaan, urgensi, eksklusivitas, dan waktu yang tepat, kamu pasti akan meningkatkan pendapatan dan mencapai tujuan bisnis penting lainnya dalam prosesnya.

Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas ari RNA! Tunggu apalagi? Segera kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds