No ratings yet.

Saat kamu mengubah host web atau meluncurkan situs web baru, detail yang baru harus diperbarui di semua server Domain Name Server (DNS) di internet. Propagasi DNS adalah proses memperbarui semua server DNS dengan informasi baru.

Propagasi DNS adalah bagian penting dalam mengelola nama domain kamu yang terkadang membingungkan. Ini adalah topik yang kompleks, tetapi memahaminya dapat sangat bermanfaat bagi kehadiran online kamu.

Dalam dunia manajemen web yang dinamis, memahami propagasi DNS sangat penting untuk memastikan kehadiran online kamu tetap mulus. Meskipun dapat memakan waktu, dengan menggunakan teknik yang diuraikan dalam artikel ini, kamu dapat mempercepat proses dan meminimalkan gangguan

Panduan ini akan mengajarkan kamu dasar-dasar propagasi DNS, yang dapat sangat meningkatkan kemampuan kamu untuk mengelola nama domain kamu. Dengan terus membaca, kamu akan lebih memahami propagasi DNS dan mempelajari cara membuat perubahan pada nama domain kamu dengan lebih efisien.

Pengertian Propagasi DNS

Propagasi DNS adalah proses memperbarui semua server di internet dengan perubahan DNS note. Perubahan pada DNS note seperti mengubah nama domain, bisa memakan waktu hingga 72 jam untuk diterapkan. 

Oleh karena itu, mengubah IP address atau informasi hostname lainnya membutuhkan waktu propagasi. Dalam bahasa yang lebih sederhana, propagasi DNS adalah periode “pengenalan” antara domain dan server hosting.

Contoh masa propagasi DNS adalah ketika domain kamu terdaftar di penyedia A dan layanan hosting berada di penyedia B; untuk membuat website dapat diakses, kamu harus mengarahkan domain ke nameserver hosting penyedia B.

Selama waktu propagasi, beberapa pengguna akan diarahkan ke nama domain lama sementara yang lain mungkin sudah dapat melihat yang baru, tergantung pada server DNS mereka. Propagasi DNS sangat penting untuk mempertahankan pemetaan nama domain yang akurat dan terkini ke IP address terkait.

propagasi domain
Sumber: Envato

Apa yang Terjadi Selama Proses Propagasi?

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui selama propagasi DNS, seperti:

  • Tidak dapat mengakses website secara online; 
  • Tidak dapat menerima email yang terhubung dengan domain; 
  • Perubahan yang dilakukan tidak akan muncul pada website yang aktif; 
  • Sertifikat SSL hanya dapat diberikan setelah masa propagasi selesai; 

Oleh karena itu, ketika kamu baru saja membuat website dan domain dan hosting kamu berada pada dua penyedia yang berbeda, kemudian mengalami masalah diatas tidak perlu panik. Sebab memang proses propagasi DNS memerlukan waktu.

Berapa Lama Masa Propagasi DNS Berlangsung?

Propagasi DNS biasanya terjadi relatif cepat, dengan sebagian besar perubahan diperbarui dalam beberapa jam. Namun, waktu propagasi dapat bervariasi, dan dalam beberapa kasus, mungkin diperlukan waktu hingga 72 jam agar pembaruan ini sepenuhnya efektif di seluruh dunia.

Variabilitas ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk Penyedia Layanan Internet (ISP) kamu, domain name registry, dan nilai Time to Live (TTL) yang terkait dengan catatan DNS kamu.

Internet Service Provider (ISP)

Agar pengguna dapat mengakses website dengan kecepatan yang lebih besar, ISP di seluruh dunia biasanya akan menyimpan catatan DNS dalam cache. Namun, masa propagasi menjadi lebih lama karena ISP menyimpan cache yang berlebihan dan beberapa telah kedaluwarsa.

Domain Name Registry

Registry bertanggung jawab atas ekstensi domain. Misalnya, jika domain kamu memiliki ekstensi.com, maka registry, sebagai pemegang hierarki tertinggi, harus memperbarui ekstensi domain tersebut pada name server TLD terlebih dahulu.

Nilai Time to Liver (TTL)

Indikator waktu TTL digunakan untuk menghitung berapa lama informasi DNS harus tersimpan. 

Setelah waktu yang ditentukan, informasi DNS akan terhapus dan jaringan server global akan kembali untuk menerima informasi DNS yang baru.

Masa propagasi DNS lebih cepat dengan TTL yang lebih rendah. Misalnya, jika TTL diatur ke 60 menit, kemudian kamu melakukan perubahan catatan DNS, server di seluruh dunia akan menggunakan informasi DNS yang lama selama satu jam saja. Setelah itu berhasil dihapus, dan server kembali dihubungkan untuk mendapatkan informasi DNS terbaru.

propagasi domain
Sumber: Envato

Tips Mempercepat Masa Propagasi DNS

Refresh Browser

Menekan tombol CTRL + F5 untuk menyegarkan (refresh) halaman browser. Jika waktu propagasi tampak terlalu lama, kamu dapat menggunakan teknik ini untuk mempercepat propagasi DNS.

Bersihkan Cache Browser

Cache adalah kumpulan data yang disimpan untuk mempercepat waktu loading. Oleh karena itu, sangat mungkin bahwa browser kamu masih menggunakan cache yang lama, yang akan menyebabkan website tidak dapat diakses melalui browser.

Cara menghapus cache browser sangat sederhana. Pada Chrome, tekan CTRL + ALT + DEL, kemudian centang hanya pada bagian File Cached. Kemudian, klik Clear data. Jangan lupa untuk menghidupkan kembali aplikasi browser kamu setelahnya.

Flush DNS

Flush DNS adalah cara untuk memperbarui cache DNS komputer yang lama. Seperti cache browser, cache DNS yang sudah usang ini akan menampilkan informasi yang belum diperbarui.

 

Dengan demikian, meskipun propagasi DNS mungkin telah selesai, kamu masih tidak dapat mengaksesnya karena cache belum diperbarui. Untuk melakukan flush DNS, ikuti prosedur berikut:

  1. Untuk membuka prompt perintah CMD, tekan Windows dan R. 
  2. Masukkan perintah ipconfig/flushdns dan tekan Enter. 
  3. Tunggu beberapa saat dan selesai.

kamu dapat mengetahui apakah proses propagasi DNS telah selesai setelah berbagai upaya untuk mempercepatnya.

Bagaimana Cara Cek Propagasi DNS?

Meskipun lama tidaknya propagasi DNS tidak dapat ditentukan dengan pasti, kamu dapat mengamatinya. Memeriksa kemajuan propagasi DNS kamu adalah langkah penting dalam memastikan bahwa perubahan kamu telah diterapkan. Beberapa alat yang tersedia dapat membantu kamu memeriksa apakah propagasi selesai, termasuk pemeriksa propagasi online. 

Cara paling mudah adalah dengan mengunjungi situs web yang disebut dnschecker.org. Ini adalah cara untuk memeriksa propagasi DNS:

  1. Kunjungi dnschecker.org. 
  2. Masukkan nama domain kamu di kolom dan klik Search, seperti yang ditunjukkan pada gambar. propagasi
  3. Setelah kamu melihat hasilnya, kamu akan melihat daftar lokasi server di seluruh dunia. Tanda centang hijau akan muncul jika propagasi DNS telah berhasil.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Singkatnya, propagasi DNS adalah proses memperbarui catatan DNS domain kamu di semua server di web. Biasanya, mungkin diperlukan waktu hingga 48 jam, tetapi dalam beberapa kasus, dapat memakan waktu hingga 72 jam. Ini mungkin tampak seperti menunggu lama, tetapi ada alasan untuk itu.

Berbagai faktor seperti nilai Time-to-Live dan cache DNS mempengaruhi seberapa cepat propagasi. Dengan tips yang kamu temukan di sini, kamu akan dapat mempercepat propagasi DNS global domain kamu dan meminimalkan waktu tunggu. Dengan demikian, panduan ini harus dibaca oleh siapa saja yang ingin memahami dan mengoptimalkan propagasi DNS untuk memberikan perjalanan pengguna yang mulus.

Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds