Minimum Viable Product (MVP): Pengertian, Fungsi, & Contohnya
No ratings yet. Dalam dunia bisnis startup dan pengembangan produk, kecepatan bukan lagi sekadar keunggulan, tapi keharusan. Untuk itu, pendekatan yang dilakukan bisnis agar bisa masuk pasar lebih cepat dengan biaya lebih efisien adalah Minimum Viable Product (MVP). MVP memungkinkan perusahaan menguji ide
Apa itu Retargeting? Fungsi & Strategi Menjalankannya (Lengkap)
No ratings yet. Pernah merasa seperti iklan produk yang kamu lihat di website “mengikuti” kamu ke media sosial atau platform digital lain? Itu bukan kebetulan, itu adalah strategi marketing bisnis yang disebut retargeting. Retargeting umumnya digunakan brand untuk menjangkau kembali audiens yang sudah
Apa itu Omnichannel? Ini Manfaat, Contoh Aplikasi, & Strateginya
No ratings yet. Kamu pasti pernah merasa jengkel, karena saat ingin beli produk secara online, tapi harus terkendala lantaran proses transaksi yang berpindah-pindah dari website ke WhatsApp. Nah, masalah seperti ini sering terjadi karena sistem brand atau bisnis yang belum mengintegrasikan channel penjualan
Retensi Pelanggan: Rumus, Contoh, & 7 Cara Meningkatkannya!
No ratings yet. Retensi pelanggan adalah salah satu metrik paling krusial dalam dunia bisnis modern. Di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, menjaga pelanggan lama jauh lebih penting lho, daripada terus-menerus mencari pelanggan baru. Sebab, pelanggan yang sudah pernah membeli memiliki kemungkinan lebih
Customer Acquisition Cost (CAC): Rumus & Cara Menghitungnya!
No ratings yet. Saat menjalankan strategi digital marketing, efisiensi biaya adalah hal yang sangat penting untuk kita analisis. Dan, salah satu metrik paling krusial untuk memahami efisiensi biaya pemasaran adalah customer acquisition cost (CAC). Singkatnya, CAC adalah total biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan
Customer Lifetime Value (CLV): Rumus & Cara Meningkatkannya
No ratings yet. Sebagai pebisnis dan marketer, pernahkah kamu berpikir tentang seberapa besar keuntungan yang dihasilkan dari satu pelanggan? Kalau di pikiranmu mulai muncul pertanyaan tersebut, jawabannya bisa kamu temukan pada Customer Lifetime Value (CLV). Customer Lifetime Value adalah salah satu metrik penting
Pentingnya Berpikir Kritis dalam Mengembangkan Bisnis di Era Digital
No ratings yet. Dulu, keputusan bisnis mungkin bisa dibuat berdasarkan intuisi atau pengalaman semata. Namun, di era digital yang kini kita jalani, dengan banjirnya data, disrupsi teknologi, dan kompetisi global yang tak kenal ampun, pendekatan tersebut tak lagi cukup. Bisnis modern membutuhkan lebih
Tren KOL Marketing 2025: Investasi Cerdas untuk Pertumbuhan Brand
No ratings yet. Pernahkah Anda merasa kesulitan menjangkau audiens target dan membangun kepercayaan di tengah banjir informasi yang tak ada habisnya? Anda tidak sendirian. Banyak brand kini menyadari bahwa kunci untuk pertumbuhan yang signifikan terletak pada koneksi yang otentik. Di sinilah KOL Marketing
UX Writer: Siapa Mereka dan Mengapa Dibutuhkan dalam Pengembangan Produk Digital?
No ratings yet. Pernahkah Anda mencoba menggunakan sebuah aplikasi atau situs web, lalu merasa bingung, frustrasi, atau bahkan ingin langsung menutupnya? Di balik setiap pengalaman digital yang mulus dan intuitif, ada banyak proses dan peran yang bekerja di baliknya. Salah satu peran krusial
12 Referensi Penulisan Teknis untuk Dokumentasi Produk Digital di 2025
No ratings yet. Kualitas dokumentasi produk digital Anda adalah cerminan dari kualitas produk itu sendiri. Di tahun 2025, dengan munculnya teknologi baru seperti AI generatif dan komputasi awan yang semakin masif, penulisan teknis dituntut untuk lebih adaptif dan presisi. Ini bukan lagi sekadar